Find Us On Social Media :

Gandeng WHO, WhatsApp Berikan Informasi Akurat Virus Corona

By Adam Rizal, Jumat, 20 Maret 2020 | 13:30 WIB

WhatsApp gandeng WHO cegah corona

Whatsapp meluncurkan inisiatif untuk membuat pusat informasi terkait virus Corona. Untuk membuat pusat informasi ini, Whatsapp bekerjasama dengan WHO, Unicef, dan UNDP.

Tujuan pusat informasi Corona di Whatsapp ini adalah menyediakan panduan, informasi umum, dan tips yang akurat tentang wabah Corona. Selain itu, platform ini juga akan menyediakan hotline yang memungkinkan masyarakat untuk mengirimkan pesan dan mendapatkan panduan.

Keberadaan pusat informasi ini sekaligus sebagai cara memerangi penyebaran misinformasi yang memicu kepanikan di masyarakat.

Sumbangan Whatsapp

Selain menyediakan pusat informasi, WhatsApp juga menyebut akan mendonasikan sebanyak USD1 juta (Rp15,5 miliar) ke Poynter Institute International Fact-Checking Network (IFCN).

Donasi ini ditujukan untuk memerangi unggahan tidak besar terkait dengan COVID-19. WhatsApp mendorong masyarakat untuk memastikan bahwa mereka hanya membaca informasi dari sumber terpercaya dan jika tidak yakin, tidak meneruskan pesan guna membantu membatasi penyebaran misinformasi.

Selain itu, Direktur IFCN Baybars Orsek menyebut bahwa Fact-Checking Network akan bekerja sama dalam menentukan cara penyebaran misinformasi di WhatsApp dan mengembangkan alat untuk mendeteksi dan melakukan moderasi dengan lebih baik.

Sebelumnya, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan WhatsApp dalam penyelenggaraan sejumlah pelatihan literasi digital untuk perempuan di Tangerang Selatan, Mamuju, Tomohon, dan Makassar.

Pelatihan ini bertujuan memberdayakan perempuan Indonesia dengan meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga secara aktif dapat berpartisipasi dalam melawan misinformasi di lingkungan mereka dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Baru-baru ini, WhatsApp akhirnya menghadirkan tuas untuk mode gelap pada seluruh pengguna aplikasinya.

Kini, WhatsApp berencana memperkenalkan fitur yang telah tersedia di aplikasi pesan instan lain yaitu kemampuan menghapus pesan otomatis.

Dalam dua versi beta dari aplikasi ini, opsi tersebut diatur untuk membuat pesan terhapus dengan sendirinya secara otomatis pada pesan privat. Kemampuan ini terdapat dalam aplikasi dengan versi 2.20.83 dan 2.20.84.