Find Us On Social Media :

Wow! Huawei Kenalkan Aplikasi AppSearch Maksimalkan Kinerja HMS

By Adam Rizal, Senin, 23 Maret 2020 | 16:30 WIB

Huawei AppGallery

 

Huawei Mobile Service (HMS) merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Huawei pada pertengahan bulan lalu dan bisa memberikan alternatif pengganti dari Google Mobile Services (GMS).

Seperti diketahui, GMS memang sudah tidak beroperasi di perangkat Huawei sejak tahun lalu. Penggunaan HMS di perangkat-perangkat terbaru Huawei mulai dari Mate 30 memang dinilai cukup untuk membantu penggunanya.

Namun ekosistem yang dibuat oleh Huawei bukanlah secara total milik perusahaan. Huawei secara resmi bekerjasama dengan aplikasi pihak ketiga untuk menyediakan layanannya di HMS.

Contohnya adalah TomTom yang dipilih Huawei untuk memberikan informasi navigasi seperti Gmaps.

Meskipun begitu, upaya HMS nampaknya masih dinilai kurang karena masih kurang tersedianya aplikasi populer seperti dikutip GSM Arena.

Pihak Huawei sudah merilis sebuah aplikasi terbaru dengan nama AppSearch. Aplikasi tersebut baru diperkenalkan di situs web Huawei Jerman dan masih dalam tahap pengujian.

Perusahaan mengklaim bahwa kegunaan aplikasi ini adalah untuk mencari aplikasi yang diinginkan dan belum ada di HMS.

Jadi, Anda bisa langsung mencari aplikasi seperti WhatsApp atau Facebook langsung dari AppSearch tanpa harus menggunakan search engine terlebih dahulu.

Hasil pencarian di AppSearch juga diurutkan berdasarkan beberapa kategori seperti wilayah, popularitas, atau tujuan.

Saat ini aplikasi AppSearch diklaim sudah tersedia di lima toko digital seperti APKMirror, APKMonk, appcu, Huawei AppGallery, dan Amazon App Store.