Find Us On Social Media :

Layanan Terpadu Good Doctor Seputar COVID-19 Meningkat Hingga 400%

By Dayu Akbar, Selasa, 24 Maret 2020 | 14:45 WIB

Grab Indonesia dan Good Doctor telah mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal COVID-19 melalui tanya jawab online (telekonsultasi). Layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit karena bisa dilakukan dari rumah terutama selama masa social distancing sekarang ini. Good Doctor sebagai sejawat profesional medis yang punya keunggulan dari sisi teknologi bertekad menjalankan perannya dalam membantu para dokter maupun perawat di rumah sakit dengan semaksimal mungkin, sekaligus menjaga masyarakat tetap sehat melewati masa-masa kritis.“Pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan mitra dokter dari GrabHealth powered by Good Doctor dan bukan dengan chatbot, dengan respon cepat, akurat dan tidak dipungut biaya atau gratis,” jelas dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor.Layanan Good Doctor terintegrasi dalam aplikasi Grab, pengguna hanya perlu memilih menu ‘Kesehatan’ pada aplikasi Grab untuk mengakses layanan.“Dalam seminggu terakhir, permintaan tanya jawab di platform kami meningkat sebanyak 400% dengan tanya jawab seputar COVID-19 meningkat 20x lipat di bulan Maret dibandingkan bulan Februari. Layanan terpadu kami dilengkapi dengan pengantaran produk kesehatan bekerja sama dengan Grab dari jaringan mitra apotek resmi berlisensi di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 1,000,” ujar Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menambahkan, “Sebagai bentuk komitmen kami, Grab akan menyediakan armada khusus layanan transportasi dan pengiriman (GrabCar, GrabBike, GrabExpress dan GrabFood) untuk para tenaga medis yang menjadi garda depan penanganan COVID-19 di berbagai fasilitas medis terpilih.”

Kolaborasi antara Kementerian Kesehatan dengan Grab Indonesia dan Good Doctor juga dilakukan untuk melakukan penyebaran informasi dan edukasi pandemi COVID-19 di aplikasi Grab melalui fitur GrabHealth powered by Good Doctor maupun melalui konten pada media sosial. Di fitur GrabHealth powered by Good Doctor, pengguna Grab di 234 kota di Indonesia juga bisa mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan pandemi COVID-19, juga berbagai informasi edukasi maupun tips terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

Demi menjaga kualitas konten dan penyampaian satu narasi dari pemerintah, maka informasi dan edukasi yang diberikan akan bersumber dari bahan atau materi dari Kementerian Kesehatan.