Find Us On Social Media :

Jaringan Seluler 3 Indonesia Mencatat Kenaikan Lalu Lintas E-learning

By Cakrawala, Selasa, 24 Maret 2020 | 20:30 WIB

Operator Jaringan Seluler 3 Indonesia menyebutkan bahwa dalam satu minggu sejak imbauan pemerintah agar masyarakat belajar dan bekerja dari rumah akibat wabah COVID-19, terdapat peningkatan lalu lintas data pada jaringan seluler 3 Indonesia. Besarnya peningkatan lalu lintas data mingguan tersebut adalah sebanyak 15% sampai 20% dibandingkan minggu sebelumnya. Adapun peningkatan lalu lintas data layanan pembelajaran daring alias e-learning secara rata-rata mencapai 98% dibandingkan minggu sebelumnya. Peningkatan terbesar dialami oleh Edmodo. Pasalnya, kartu perdana AlwaysOn 1GB dari 3 Indonesia yang hadir sejak bulan Februari lalu, memberikan akses gratis ke aplikasi Edmodo selama tiga puluh hari.

“Kami menyadari dengan adanya imbauan untuk bekerja dan belajar di rumah, semakin banyak masyarakat Indonesia yang akan mengandalkan internet untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, kami berupaya untuk menyediakan produk yang dapat menunjang produktivitas pengguna kami walaupun harus beraktivitas dari rumah. Kami bekerja sama dengan Edmodo sebagai e-learning platform terkemuka, untuk menghadirkan kartu perdana AlwaysOn 1GB yang memberikan akses gratis bagi penggunanya ke aplikasi Edmodo,” ucap Dolly Susanto (Chief Commercial Officer, 3 Indonesia).

Selain Edmodo, 3 Indonesia menyebutkan tiga layanan pembelajaran daring populer lain mengalami peningkatan yang bervariasi. Ketiga layanan pembelajaran daring populer tersebut adalah Quipper, Ruangguru, dan Zenius Education. Adapun besarnya peningkatan yang dialami dibandingkan minggu sebelumnya adalah 196% untuk Quipper, 78% untuk Ruangguru, dan 73% untuk ZeniusEducation. Edmodo sendiri mengalami peningkatan sebesar 841% dibandingkan minggu sebelumnya.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan 3 Indonesia untuk menghadirkan solusi pembelajaran jarak jauh bagi pelajar di Indonesia. Selama periode pandemi ini berlanjut, kami memiliki perangkat pembelajaran jarak jauh gratis yang berisi video untuk pengajaran jarak jauh dan materi bagi orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah. Siswa, orang tua, dan guru dapat tetap terhubung dan melanjutkan proses belajar di rumah, bahkan ketika pembelajaran pribadi tidak memungkinkan. Kami berupaya untuk memastikan semua layanan kami mempengaruhi hasil akademik pelajar di Indonesia secara positif di waktu yang penuh tantangan ini,” sebut Susan Kim (CEO, Edmodo).

Selain kartu perdana AlwaysOn 1GB dengan harga Rp6 ribu yang memberikan penggunanya akses gratis selama 30 hari ke aplikasi Edmodo, 3 Indonesia juga menawarkan paket isi ulang berupa paket Unlimited AlwaysOn yang memberikan akses tanpa batas alias unlimited untuk semua aplikasi. Namun, akses gratis ke seluruh aplikasi paket Unlimited AlwaysOn itu berlaku pada jam 01:00 sampai 17:00 saja. Dengan kata lain, mencakup sebagian besar jam kerja kantor pada umumnya. Alhasil, paket Unlimited AlwaysOn cocok untuk mengatasi kebutuhan internet pengguna yang meningkat akibat bekerja dari rumah.