Find Us On Social Media :

Situs Ini Tampilkan Perkembangan Virus Corona dalam Bentuk Globe 3D

By Rafki Fachrizal, Kamis, 26 Maret 2020 | 20:36 WIB

Situs COVID-19 Visualizer

Saat ini sudah banyak situs yang menyajikan peta perkembangan virus Corona alias COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia.

Yang terbaru, kini muncul situs baru serupa yang bernama COVID-19 Visualizer.

Situs ini sendiri memiliki tampilan yang menarik lantaran bersifat interaktif seperti situs Johns Hopkins Coronavirus Resource Center yang sudah lebih dahulu hadir.

Saat pertama kali dibuka, pengguna akan ditampilkan globe 3D (tiga dimensi) yang berputar otomatis dengan dominasi warna merah dan hitam.

Di bagian bawahnya, terdapat informasi mengenai jumlah korban yang dikonfirmasi (aktif), meninggal, dan sembuh secara real-time.

Untuk melihat lebih detail jumlah korban tersebut di masing-masing negara, pengguna cukup mengklik negara yang ingin diketahui pada globe 3D.

Sebagai contoh, InfoKomputer mencoba mengklik negara Indonesia. Berdasarkan data yang ditampilkan pada Kamis (26/03) malam, sudah terdapat 893 total korban virus Corona dengan perincian 780 korban terkonfirmasi (aktif), 78 korban meninggal, 35 korban sembuh.

Jumlah Korban Virus Corona Per Kamis (26/3)

Situs ini sendiri dikembangkan oleh Navid Mamoon dan Gabriel Rasskin, mahasiswa dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

Mereka mengatakan bahwa tujuan dari pembuatan situs ini adalah untuk menyediakan cara interaktif dan sederhana dalam memvisualisasikan dampak dari COVID-19.

"Kami ingin orang-orang dapat melihat ini sebagai sesuatu yang menyatukan kita semua. Itu bukan satu negara, atau negara lain; itu adalah satu planet - dan inilah yang terlihat seperti planet kita hari ini," tulis keterangan pada situs Covidvisualizer.com.

Oh ya, dalam menyajikan data di globe 3D-nya, situs ini mengambil data resmi dari situs Worldometer dan memperbaharuinya setiap 2 menit sekali.

Selain itu, dalam kolom informasinya Covidvisualizer.com juga menyebutkan bahwa mereka melaporkan "Kasus/kematian setiap hari dengan didasarkan pada GMT (+0)."

Untuk mengunjungi situs COVID-19 Visualizer, klik link berikut ini: https://www.covidvisualizer.com/