Find Us On Social Media :

Lark Tawarkan Platform Kolaborasi Digital Gratis di Indonesia

By Cakrawala, Jumat, 27 Maret 2020 | 21:00 WIB

Lima fasilitas utama Lark: Lark Messenger, Lark Docs, Lark Calendar, Lark Video Conferencing, dan Lark Workplace.

 

Wabah COVID-19 membuat pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tak ayal penggunaan perkakas untuk kolaborasi secara daring pun meningkat. Nah, Lark Technologies Pte. Ltd., perusahaan teknologi berbasis di Singapura, hari ini mengumumkan bahwa platform kolaborasi digitalnya yang disebut Lark, tersedia secara gratis di Indonesia, selain di beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Lark sendiri merupakan platform kolaborasi digital yang menggabungkan berbagai fungsi. Dengan Lark pengguna antara lain bisa melakukan olah pesan; membuat, menyunting, dan berkolaboarasi terhadap dokumen; menyimpan data di cloud; menggunakan kalender, dan melakukan konferensi video.

“Dengan adanya perangkat kerja jarak jauh ini, berbagai organisasi dapat memastikan karyawannya tetap produktif, walaupun sedang melakukan remote working. Hal yang sama juga berlaku bagi sekolah dan universitas, di mana para pendidik berusaha keras untuk memastikan siswa-siswinya dapat terus belajar di mana pun mereka berada,” ujar (Joey Lim, Commercial Lead, APAC, Lark). “Dalam situasi seperti ini, kami melihat pentingnya menyediakan akses ke perangkat kolaborasi digital dan mulai menawarkan Lark secara gratis, untuk memastikan semua organisasi – terlepas dari skalanya – tetap dapat beroperasi secara efektif tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan,” jelas Joey Lim lebih lanjut.

Lark versi gratis membolehkan pengguna untuk melakukan panggilan video tak terbatas yang mencakup fasilitas berbagi tampilan layar; menyimpan data di penyimpanan cloud yang memiliki kapasitas 200 GB; membuat, menyunting, berkolaborasi terhadap dokumen; menggunakan kalender; melakukan olah pesan dengan fitur yang andal; memanfaatkan sistem absensi maupun persetujuan; dan menggunakan layanan integrasi pihak ketiga tanpa batas. Aneka fasilitas tersebut pun telah tersinkronisasi sehingga pengguna misalnya bisa melakukan panggilan video secara langsung dari kalendar, maupun melakukan penyuntingan dokumen melalui panggilan video.

Lark versi berbayar sendiri menawarkan fasilitas yang lebih tinggi. Fasilitas tersebut antara lain penyimpanan cloud dengan kapasitas tak terbatas, dukungan khusus hanya untuk organisasi bersangkutan, dan recovery data.

Belum lama ini, Lark juga telah meluncurkan fasilitas livestreaming yang lebih ditujukan untuk keperluan menyampaikan informasi dari satu atau sekumpulan entitas ke banyak entitas. Livestreaming itu contohnya cocok digunakan ketika pemimpin perusahaan menyampaikan pidatonya ke seluruh karyawan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Begitu pula ketika guru melakukan pengajaran kepada banyak muridnya.

Adapun untuk perangkat yang didukung, Lark bisa berjalan pada berbagai perangkat, mulai dari PC desktop sampai ponsel pintar. Lark mendukung perangkat dengan sistem operasi Windows, macOS, Android, dan iOS.