Find Us On Social Media :

Perangi COVID-19 di Indonesia, Good Doctor Berkolaborasi dengan BNPB

By Indah PM, Sabtu, 28 Maret 2020 | 14:00 WIB

Arya Sinulingga, Staff Khusus Menteri BUMN dan anggota tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (tengah) dan Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia (kanan).

Makin berkembangnya kasus COVID-19 di Indonesia dari waktu ke waktu, mendorong Good Doctor untuk mendukung pemerintah dalam melayani masyarakat dan mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia.

Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan pemanfaatan teknologi, yang disediakan Good Doctor oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Dengan platform kesehatan digital kami yang terbukti inovatif disertai pengetahuan medis yang ditransfer langsung dari pusat perjuangan melawan COVID-19, Good Doctor siap tanggap mendukung dan membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 di Indonesia," jelas Danu Wicaksana (Managing Director Good Doctor Technology Indonesia).

Sementara itu, Arya Sinulingga, Staff Khusus Menteri BUMN dan anggota tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga menggandeng seluruh platform telemedis untuk membantu pasien dalam melakukan isolasi mandiri.

"Dalam situasi seperti sekarang ini, adalah penting untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak demi mempercepat penanganan COVID-19, apalagi dengan pihak seperti Good Doctor dan Grab yang sudah memiliki teknologi yang mumpuni serta cakupan pengguna luas, yang bermanfaat demi percepatan penanganan COVID-19," jelas Arya.

Lebih lanjut Arya berharap, penggunaan teknologi ini diharapkan bisa memfasilitasi pasien atau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan medis di rumah.

Selain pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan oleh BNPB, Good Doctor melalui GrabHealth, juga berkolaborasi dengan OVO dan Tokopedia, mendonasikan sebesar total Rp3 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI).

Donasi akan disalurkan melalui program “Benih Baik”, untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri (APD) bagi para tenaga medis, yang menjadi garda depan penanganan COVID-19 di berbagai fasilitas medis.

Ke depannya, Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah terkait, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Hal ini juga sebagai bagian dari inisiatif #KitaVSCorona yang merupakan wujud upaya Grab untuk bersama memerangi COVID-19.