Find Us On Social Media :

Intel Comet Lake Ber-TDP Lebih Tinggi Kelihatannya Akan Segera Hadir

By Cakrawala, Minggu, 29 Maret 2020 | 22:00 WIB

 

Rumor mengenai suatu jajaran prosesor baru bukanlah hal yang tak lazim di internet. Begitu pula dengan Intel Comet Lake yang memiliki TDP (thermal design power) yang lebih tinggi dari lini yang telah hadir. Namun, belakangan makin banyak informasi yang beredar di internet mengenai Intel Comet Lake dengan TDP yang lebih tinggi itu. Kelihatannya, Intel Comet Lake yang lebih bertenaga sejalan dengan TDP yang lebih tinggi tersebut akan segera hadir di dunia. Jika hal bersangkutan benar terjadi, sewajarnya berbagai perangkat mobile maupun desktop baru yang menggunakannya akan bermunculan dan memberikan konsumen pilihan yang makin menarik lagi.

Intel Comet Lake sendiri masih berbasiskan Intel Skylake dan masih menggunakan technology node 14 nm. Intel Comet lake ini berbeda dengan Intel Ice Lake yang sama-sama mengusung nama resmi Intel Core Generasi ke-10. Pasalnya, Intel Ice Lake sudah menggunakan arsitektur baru yang disebut Sunny Cove dan memanfaatkan technology node 10 nm. Namun, Intel Comet Lake yang telah diluncurkan, yang ditujukan untuk notebook maupun 2 in 1 yang tipis dan ringan maupun tanpa kipas seperti halnya Intel Ice Lake sejauh ini, memiliki varian tertinggi dengan jumlah core dan thread yang lebih banyak dari varian tertinggi Intel Ice Lake. Selain itu, untuk varian dengan jumlah core dan thread yang sama dengan Intel Ice Lake, Intel Comet Lake biasanya menawarkan frekuensi kerja alias clock yang lebih tinggi.

Intel Comet Lake ber-TDP lebih tinggi yang kelihatannya akan segera hadir itu pun tampaknya mengandalkan jumlah core/thread lebih banyak, frekuensi kerja lebih tinggi, maupun kombinasi keduanya untuk memberikan peningkatan kinerja dibandingkan generasi sebelumnya. Selama aneka perangkat dengan Intel Comet Lake baru tersebut memang bisa memberikan kinerja yang lebih baik dari perangkat dengan prosesor Intel generasi sebelumnya, pengguna akhir pada umumnya sewajarnya tidak akan mempersoalkan metode yang dimanfaatkan untuk mencapainya.

Kehadiran Intel Comet Lake dengan TDP lebih tinggi dari yang sudah hadir lebih dulu juga akan menghangatkan persaingan antara Intel dan AMD. Pasalnya, AMD juga sudah meluncurkan Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop dan tidak lama lagi perangkat mobile dengan Ryzen Generasi ke-3 untuk mobile juga akan tersedia. Kelompok teratas AMD Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop sejauh ini menawarkan jumlah core dan thread yang memang lebih banyak dari Intel Core Generasi ke-9 untuk desktop. Sementara, AMD Ryzen Generasi ke-3 untuk mobile secara umum menawarkan jumlah core dan thread yang lebih banyak dari AMD Ryen Generasi ke-2 untuk mobile.

Intel Comet Lake untuk desktop sendiri kabarnya membutuhkan soket dan chipset baru. Salah satu alasan yang beredar di internet sehubungan hal tersebut adalah perihal suplai daya. Tambahan core dan thread pada varian tertentu Intel Comet Lake membutuhkan suplai daya yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Mudah-mudahan, chipset yang baru pun membawa peningkatan pada fitur yang ditawarkan seperti halnya antarmuka alias interface terkini untuk kartu tambahan internal maupun perangkat eksternal.