Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on realme 6 Pro: Snapdragon 720G dan Enam Kamera

By Dayu Akbar, Senin, 30 Maret 2020 | 09:13 WIB

Diluncurkan secara live streaming, realme meluncurkan dua smartphone terbarunya melalui realme 6 series yang hadir dalam dua varian, realme 6 dan realme 6 Pro. Perbedaan mendasar antara keduanya terdapat pada penggunaan SoC, resolusi kamera, jumlah kamera depan, dan ukuran layarnya.Paket penjualan realme 6 Pro hadir dalam kotak berwarna kuning polos minimalis dengan logo realme 6. Saat dibuka didalamnya terdapat unit realme 6 Pro, kabel data dengan koneksi USB Type-C, adaptor dengan teknologi 30W Flash Charge, kertas panduan, kartu jaminan, SIM ejector, jelly case, dan tidak disertakan earphone.

 

Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu lightning blue dan lightning red, unit yang kami tampilkan memiliki warna lightning red. Bodi dengan warna tersebut memantulkan efek mengkilau saat posisi diubah atau dimiringkan.Bodi ini menggunakan lapisan plastik polikarbonat dengan lapisan glossy. Namun kerennya, bodi ini tidak mudah kotor oleh sidik jari maupun tangan. Jadi Anda bisa dengan nyaman menggenggam sambil tetap menjaga bodi dalam keadaan kinclong.

Pada bodi belakang ini disematkan empat kamera dalam satu frame dengan posisi vertikal. Secara berurutan, kamera pertama merupakan kamera utama dengan resolusi 64 MP wide, kamera kedua dengan resolusi 12 MP untuk fungsi telephoto, yang ketiga punya resolusi 8 MP untuk ultrawide, dan yang terakhir dengan resolusi 2 MP untuk foto makro. Sedangkan disebelah frame kamera terdapat satu lampu flash dan tulisan AI Quad Camera. Di sisi pojok kiri bawah terdapat tulisan realme dengan posisi vertikal.

Dari sisi layar punya ukuran 6,6 inci dengan panel IPS, beda tipis dengan realme 6 yang berukuran 6,5 inci. Layarnya sudah terlindung dengan lapisan Gorilla Glass 5, meski demikian layarnya juga ditambahkan dengan screen protector untuk perlindungan tambahan.

Yang menarik, kamera selfie-nya ada dua, satu dengan resolusi 16 MP dan 8 MP untuk ultrawide. Fungsi ultrawide ini bikin tangkapan latar jadi lebih luas dengan angle 119 derajat. Penempatannya pun bukan pada notch, melainkan berbentuk punch hole yang ditempatkan disisi kiri atas. Karena mengunakan panel IPS otomatis tidak terdapat sensor fingerprint di layar. Lalu dimana sensor tersebut? Ternyata realme menempatkan sensor fingerprint pada tombol fisik Power. Dengan posisi ini, memindai jari lebih enak menggunakan jari telunjuk atau jari tengah. realme 6 Pro juga memberikan perlindungan lain berupa pengenalan wajah atau face recognition.

Penempatan tombol fisik Volume ada di sisi kiri bersebelahan dengan slot kartu yang didalamnya terdapat kompartemen untuk menampung tiga kartu sekaligus untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD. Di sisi bawah, Anda akan mendapati lubang speaker, micro-USB, dan jack audio.

Jika realme 6 menggunakan SoC MediaTek Helio G90T, maka realme 6 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G dan hanya memiliki satu varian yaitu RAM 8 GB serta storage 128 GB.  Untuk harganya, realme 6 Pro dibanderol dengan harga Rp 4.499.000