Find Us On Social Media :

Aplikasi Telekonferensi Paling Hemat Bandwidth Menurut 3 Indonesia

By Cakrawala, Senin, 30 Maret 2020 | 18:00 WIB

Berkat wabah COVID-19 yang diakibatkan SARS-CoV-2 atau lebih dikenal dengan virus corona baru, pemerintah Indonesia telah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Alhasil, penggunaan layanan telekonferensi seperti konferensi video alias video conference pun meningkat. Nah, 3 Indonesia berkesempatan menguji kebutuhan bandwidth dari empat layanan telekonferensi populer yang paling banyak digunakan di jaringan seluler 3 Indonesia serta bisa dimanfaatkan secara gratis. Hasil dari pengujian internal terbatas 3 Indonesia itu pun telah dipublikasikan. Hasil tersebut tentunya bisa membantu pengguna maupun calon pengguna untuk memilih layanan telekonferensi yang paling sesuai untuknya.

Keempat layanan yang diuji oleh 3 Indonesia itu adalah Hangouts, Skype, Webex, dan Zoom. Pengujian menggunakan bantuan lima partisipan yang melakukan telekonferensi selama tiga puluh menit pada masing-masing layanan telekonferensi yang dimaksud. Perangkat yang digunakan pun sama untuk setiap pengujian. Hasilnya bisa dilihat pada Gambar 1.

Dari pengamatan 3 Indonesia, layanan telekonferensi yang membutuhkan bandwidth lebih besar biasanya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Adapun layanan telekonferensi yang membutuhkan bandwidth lebih kecil umumnya mengonsumsi jumlah data yang lebih sedikit pula. Layanan mana yang dipilih tentunya bergantung pada pengguna; ingin hemat data atau ingin video yang lebih berkualitas. Selain itu, 3 Indonesia juga melihat kebutuhan bandwidth setiap layanan bervariasi sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Gambar 1. Dari pengujian 3 Indonesia terlihat Zoom membutuhkan bandwidth paling kecil dan Webex membutuhkan bandwidth paling besar.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia sendiri mencatat peningkatan akses yang signifikan terhadap keempat layanan telekonferensi tersebut. Besarnya peningkatan yang dimaksud adalah sampai 693%. Peningkatan terbesar tentu saja terjadi pada saat jam kerja.

Agar pelanggan 3 Indonesia bisa memenuhi kebutuhan internetnya, termasuk untuk mengakses layanan telekonferensi, 3 Indoneisa menawarkan aneka produk AlwaysOn Unlimited. Berbagai produk AlwaysOn Unlimited itu memberikan kuota tak terbatas alias unlimited pada jam 01:00 sampai 17:00 yang berarti mencakup jam kerja yang umum. Tak hanya empat layanan telekonferensi bersangkutan, dengan aneka produk AlwaysOn Unlimited, pelanggan 3 Indonesia bisa bebas menggunakan aplikasi e-learning, media sosial, sampai berbagai aplikasi hiburan.

“Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis 3 Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil. Kami juga terus memperluas jangkauan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah. Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat dari ketika jaringan 4G pertama kali diperkenalkan, kami berupaya untuk memastikan pengguna 3 Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” pungkas Desmond Cheung (Chief Technical Officer, 3 Indonesia).