Find Us On Social Media :

Mozilla Kembali Tegaskan Tak Akan Menyalahgunakan Data Pengguna

By Cakrawala, Rabu, 1 April 2020 | 19:30 WIB

Mozilla kembali menegaskan mengenai Firefox Personal Data Promise-nya yang merupakan janji Moziila untuk tidak menyalahgunakan data pribadi pengguna peramban Firefox. Penegasan yang baru saja dilakukan Mozilla itu berkat banyaknya perusahaan teknologi yang menyalahkan data bersangkutan. Apalagi, kini di Indonesia internet sudah menjadi sarana untuk melakukan banyak hal, seperti mencari tahu, berbelanja, dan berinteraksi lainnya dengan sesama. Berdasarkan survei We Are Social & Hootsuite, rata-rata waktu yang dihabiskan satu pengguna internet di Indonesia dengan menggunakan berbagai perangkat setiap harinya adalah sekitar 7 jam dan 59 menit.

Salah satu pelanggaran privasi yang dilakukan sejumlah perusahaan teknologi dan disorot oleh Mozilla adalah surveillance economy. Perusahaan teknologi bersangkutan menggunakan data dan informasi mentah dari pengguna, lalu mengubahnya menjadi data perilaku. Namun data tersebut, tidak hanya digunakan untuk meningkatkan pelayanan, melainkan digunakan untuk memprediksi perilaku pengguna yang selanjutnya dijual ke pihak ketiga.

Mozilla menilai praktik seperti itu adalah berbahaya karena data perilaku tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang kurang baik. Mozilla mencontohkan penggunaan untuk keperluan propaganda yang belum tentu mengenai sesuatu yang benar adanya.

Rutinitas berinternet orang Indonesia dan data yan dibagikannya ala Mozilla.

Adapun Firefox Personal Data Promise mencakup tiga nilai yang menjadi pegangan Mozilla dalam bertindak, yakni menggunakan data seperlunya, menjaga keamanan data, dan selalu terbuka.

Menggunakan data seperlunya merujuk pada pendekatan Mozilla yang hanya mengambil data yang nantinya digunakan untuk kebutuhan pengguna sendiri. Mozilla mengklaim memiliki beberapa pertimbangan dalam menggunakan data penggunanya; Apakah Mozilla benar-benar membutuhkannya? Untuk apa data ini akan digunakan? Kapan Mozilla bisa menghapus data ini?

Menjaga keamanan data menyatakan bahwa Mozilla berusaha menggolongkan data sesuai kategori, serta memiliki peraturan tegas dalam menyimpan dan menjaga data tersebut secara berkelanjutan. Mozilla selalu mengutamakan privasi penggunanya.

Sementara, selalu terbuka berarti bahwa pemberitahuan privasi Mozilla terbuka bagi pengguna. Siapapun dapat bergabung dalam rapat mingguan Mozilla. Jika pengguna ingin melihat pula titik data yang dikumpulkan, Mozilla memastikan kode-kodenya terbuka untuk diakses.