Find Us On Social Media :

Begini Cara Dapatkan Data Instagram yang Telah Dihapus Sebelumnya

By Adam Rizal, Kamis, 2 April 2020 | 13:00 WIB

Ilustrasi Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial populer dan paling banyak digunakan di dunia. Para pengguna Instagram pasti mengunggah setidaknya satu foto di akun mereka setiap tahun.

Namun, beberapa lainnya menghapus foto-foto mereka dengan berbagai alasan. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang tahu bahwa data, termasuk foto, yang telah dihapus di Instagram bisa didapatkan kembali.

Tak hanya foto, Anda juga bisa mendapatkan pesan-pesan yang ada di dalam akun pengguna. Belakangan, hal itu dibagikan oleh akun Twitter @skinnypandaa pada 27 Maret.

"Di usia ke berapa kalian tau kalau foto-foto yang udah kalian hapus di Instagram, bisa kalian ambil lagi beserta chat-chatnya," tulis pemilik akun @skinnypandaa dalam kolom keterangan sambil mengunggah gambar tangkapan layar.

Dalam tangkapan layar itu terlihat pemberitahuan dari Instagram yang menjelaskan bahwa pengguna dapat mengunduh data-data yang ada di sebuah akun.

"Data Instagram Anda. Berikut ini file yang diminta dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya yang Anda bagikan di Instagram. Tautan ini hanya akan bekerja selama empat hari ke depan. Karena mungkin berisi informasi pribadi, pastikan kerahasiaan tautan dan hanya unduh arsip ke komputer Anda sendiri," tulis Instagram. Di bawah tulisan tersebut terdapat tiga tautan dengan masing-masing keterangan "Unduh Data - Bagian 1", "Unduh Data - Bagian 2", dan "Unduh Data - Bagian 3".

Untuk mendapatkan data tersebut, pengguna cukup buka aplikasi Instagram > Pengaturan > Keamanan > Unduh data. Kemudian akan muncul email yang digunakan pengguna, masukkan kata sandi, lalu pihak Instagram akan mengirim email ke alamat email pengguna.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 4 ribu kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang mengaku belum mengetahui cara ini. "Wow I really need this. Thank you so much," tulis akun @notevenamera.