Find Us On Social Media :

Tantang TikTok, YouTube Bikin Aplikasi Video Pendek Shorts

By Adam Rizal, Kamis, 2 April 2020 | 16:00 WIB

YouTube vs TikTok

Patform video milik Google, YouTube sedang menyiapkan produk terbaru untuk menyaingi jejaring sosial berbagi video TikTok bernama Shorts. Nantinya, Shorts juga akan terintegrasi dengan aplikasi YouTube Mobile.

Shorts memungkinkan pengguna mengunggah video singkat di dalam aplikasi seluler, seperti TikTok, dan memanfaatkan musik berlisensi yang dimiliki YouTube Music yang dapat digunakan dalam video, dikutip dari The Verge, Kamis.

Nantinya, pengguna YouTube bisa mengunggah video pendek dengan memanfaatkan musik berlisensi yang dimiliki YouTube Music. Lagu-lagu itu dapat digunakan di dalam video tersebut.

Jurnalis MSNBC, Dylan Byers mendapatkan konfirmasi dari CEO YouTube, Susan Wojcicki dan mengunggahnya di akun Twitter-nya. Menurut Wojcicki, video YouTube Shorts akan berdurasi 15 detik.

“Videonya sungguh-sungguh singkat, kurang lebih 15 detik ... itu adalah durasi yang tentu menarik untuk dilihat,” kata Wojcicki. “Kami pasti akan terus berinovasi dalam semua ukuran format yang berbeda, termasuk format video singkat," lanjut Wojcicki.

Ini bukan pertama kalinya YouTube menambah fitur baru berdasar aplikasi media sosial lain yang sedang populer. Sebelumnya, YouTube juga telah menghadirkan fitur Stories layaknya di Instagram, di aplikasi mobile-nya.

Selain itu, YouTube juga akan bersaing dengan TikTok lantaran YouTube memiliki basis pengguna yang besar; lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, dan mengantongi banyak lisensi musik, tidak mengejutkan bagi Youtube untuk membuat aplikasi pesaing TikTok.

Sementara itu, Facebook kabarnya juga telah mengembangkan aplikasi pesaing TikTok, bernama Lasso, yang diam-diam telah dilakukan uji coba di Brasil.

Aplikasi TikTok menyediakan musik, filter, dan lainnya untuk pengguna, kemudian membuat video dengan gerakan dan tarian menggunakan audio tersebut. Menurut laporan perusahaan analitik aplikasi, App Annie, pada Januari, aplikasi TikTok tumbuh 125 persen selama dua tahun terakhir. Aplikasi tersebut juga memiliki ratusan juta pengguna.

TikTok juga tercatat mengantongi 842 juta unduhan dari Apple App Store dan Google Play Store dalam 12 bulan terakhir, meningkat 15 persen tahun ke tahun. Hal ini bukan pertama kalinya YouTube mengembangkan fitur populer milik platform media sosial lain.