Find Us On Social Media :

Gara-gara Social Distancing, Penggunaan Tinder di Indonesia Meningkat

By Wisnu Nugroho, Kamis, 2 April 2020 | 20:41 WIB

Aplikasi Tinder

Kebijakan social distancing dan karantina untuk mengurangi penularan Covid-19 membuat banyak orang harus menjalani keseharian di rumah. Meski begitu, hal itu justru membuat interaksi digital semakin intens.

Hal ini setidaknya tercermin dari data Tinder yang menyebut aktivitas pengguna Tinder Indonesia meningkat di beberapa hari belakangan ini. Peningkatan terjadi dari jumlah percakapan (meningkat 23%) maupun durasi percakapan (meningkat 19%). 

Angka ini sejalan dengan data Tinder di seluruh dunia. Tinder mencatat, percakapan sehari-hari di seluruh dunia meningkat 20% dan durasi percakapan meningkat 25%. Jumlah swipe juga mencapai tiga miliar swipes pada 29 Maret 2020 lalu; terbesar dalam sejarah Tinder. Yang juga menarik, pengguna Tinder kini lebih banyak menanyakan “apakah kamu baik-baik saja?” ketimbang memberikan emoji.

Tinder Passport Kini Gratis

Untuk mendukung pengguna bersosialisasi, Tinder pun kini menggratiskan fitur Passport. Biasanya, fitur Passport ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Tinder Plus dan Gold. 

““Kami berharap para pengguna Tinder yang sedang merasa gelisah dan sedang haus berinteraksi dengan orang lain bisa menggunakan Passport untuk “berpindah tempat” kemana saja, keluar dari tempat karantina mereka,” ungkap Elie Seidman, CEO Tinder. 

Melalui fitur Passport ini, pengguna Tinder bisa “berkunjung” dan berkenalan dengan pengguna Tinder di seluruh dunia. Jadi, tidak tergantung lokasi seperti fitur Tinder biasa. Contohnya Anda bisa memilih Kota Paris, lalu berkenalan dengan pengguna Tinder di kota cinta tersebut. 

Anda pun bisa berpindah kota sebanyak mungkin. Namun jika Anda berpindah kota (misalnya dari Paris ke New York), pengguna Tinder di Paris hanya bisa melihat profil Anda sehari setelah Anda pindah kota.

Untuk berganti posisi menggunakan Passport, berikut caranya:

  1.       Pilih ikon profil
  2.       Pilih pengaturan
  3.       Pilih lokasi
  4.       Pilih “tambahkan lokasi baru”

Selama masa karantina ini, penggunaan fitur Passport meningkat signifikan. Peningkatan terjadi di Brazil (15%), Jerman (19%), Prancis (20%), dan India (25%). Jika Anda tertarik berpetualang ke berbagai kota dunia, silahkan manfaatkan fitur ini. Namun perlu diingat, Tinder Passport hanya gratis sampai 30 April 2020.