Find Us On Social Media :

LINE Gandeng Cloudera, Perkuat R&D untuk Pengembangan Big Data dan AI

By Liana Threestayanti, Jumat, 3 April 2020 | 13:30 WIB

Ingin memperkuat R&D yang mengembangkan pemanfaatan big data dan teknologi AI, LINE berkolaborasi dengan Cloudera.

Ingin memperkuat R&D yang mengembangkan pemanfaatan big data dan teknologi AI, LINE berkolaborasi dengan Cloudera.

LINE Corporation memilih solusi dari Cloudera untuk mengembangkan bisnisnya yang intensif memanfaatkan teknologi AI dan memperkuat Data Science & Engineering Centre (DSEC). Tujuannya tentu saja memperkuat langkah-langkah bisnis yang didukung oleh data. .

LINE akan menggunakan teknologi open source Cloudera untuk mengelola lifecycle dan keamanan data. DSEC merupakan divisi riset dan pengembangan (R&D) dari LINE yang tugasnya fokus pada pengembangan platform data, analisis data, machine learning, pengembangan teknologi AI, dan riset. 

Kehadiran DSEC memudahkan semua divisi bisnis di LINE mengakses statistik dan berbagai data. Hal ini memungkinkan analisis data dan filtering informasi yang lebih presisi, serta penerapan data dan informasi yang lebih efektif.

Dalam menjalankan tugasnya, DSEC harus menangani data dalam jumlah besar dan berbagai jenis. Insight yang diperoleh dari data-data tersebut dimanfaatkan oleh berbagai lini bisnis LINE untuk menyajikan layanan untuk 186 juta pengguna aktifnya tiap bulan di seluruh dunia.  

Data Platform Cloudera yang memiliki kemampuan keamanan dan tata kelola terpusat memungkinkan tim DSEC untuk mengelola dan mengendalikan data dengan lebih efektif dan aman. 

Operator dapat mengatur dan memelihara parameter keamanan, kepatuhan, dan data analytics. 

Dengan menyatukan data warehouse dari berbagai layanan, LINE berharap platform datanya akan lebih baik dan pengguna di tiap divisi dapat memanfaatkan self-service analytics tanpa mengancam keamanan data.

Langkah ini selaras strategi LINE merestrukturisasi organisasi dalam rangka mendorong pemanfaatan data di tiap lini dan divisi. Dengan lebih aktif memanfaatkan data, LINE ingin meningkatkan pemakaian layanan yang ada maupun menciptakan layanan-layanan baru berbasis AI.

“Untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi, sangat penting bagi kami untuk dapat mengelola, memanfaatkan, dan mengamankan big data dengan tetap mendemokratisasikannya,” tutur Cheolho Choi, Engineering Director Data Platform dan Fellow of Data Engineering, LINE Corporation. Menurut Cheolho Choi, LINE memilih Cloudera karena keahlian dalam merancang, mendesain, dan mengamankan platform mission-critical big data,

"Kami yakin bahwa Cloudera dapat meningkatkan platform data LINE yang kuat untuk mempercepat waktu dalam meraih nilai bisnis, memperkuat keamanan data kami, dan mengurangi biaya operasional,” ia menambahkan.

Cloudera memberikan dukungan teknis dari awal arsitektur dikerjakan sampai saat perluasan operasi. Selain itu Cloudera juga membekali para engineer DSEC dengan keterampilan untuk mengelola dan mengamankan big data secara efektif. 

“Konsumen saat ini mengharapkan perusahaan-perusahaan untuk menawarkan layanan yang makin personal dan berinovasi dengan cepat sekaligus menjaga keamanan data mereka,” ujar Mark Micallef, Vice President of Asia Pacific and Japan, Cloudera. “Kami senang dapat membantu LINE dalam menjawab tuntutan tersebut dengan memberdayakan penggunanya di seluruh perusahaan untuk mentransformasi data mereka yang besar dan kompleks menjadi wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti dengan menggunakan suatu platform data terintegrasi yang scalable dan memberikan analitik multifungsi dengan keamanan dan tata kelola yang konsisten."