Find Us On Social Media :

OYO Indonesia Sediakan Kamar Hotel untuk Para Tenaga Medis COVID-19

By Rafki Fachrizal, Jumat, 3 April 2020 | 20:02 WIB

Ilustrasi OYO Hotels & Homes

Sebagai upaya mendukung Pemerintah RI dalam menghadapi dampak virus corona (COVID-19), OYO Hotels and Homes Indonesia secara khusus mengalokasikan salah satu hotelnya sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis yang menangani kasus virus ini.

Alfian Lim selaku Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia, mengatakan, “OYO secara khusus mengalokasikan sejumlah kamar di hotel kami bagi para pejuang kesehatan termasuk dokter, perawat dan petugas medis lainnya, guna mempermudah akses mereka untuk menginap, membersihkan diri, ataupun hanya sekedar melepas lelah di tengah kondisi sulit ini."

"Kami berharap kontribusi ini setidaknya dapat membantu mereka untuk tetap dapat menjaga kondisi fisik dengan beristirahat yang cukup dan nyaman di tengah padatnya aktivitas,” tambahnya.

Alfian juga menekankan bahwa fasilitas ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi di tengah kekhawatiran para tenaga medis yang terpaksa harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat terdekat karena berinteraksi langsung dengan pasien positif COVID-19 setiap harinya.

Inisiatif penyediaan akomodasi ini ditargetkan untuk staf dan tenaga medis di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. 

Dirbinum Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Kolonel dr. Abraham Arimuko turut menyampaikan apresiasinya, “Dukungan dari para pihak yang ditujukan bagi tenaga medis sangat dibutuhkan agar kami dapat terus fokus menjalankan tugas kami. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi inisiatif OYO dalam memberikan akomodasi bagi tenaga medis kami, terlebih lokasinya yang relatif terjangkau sehingga memungkinkan kondisi fisik para tenaga medis tetap terjaga.”

Inisiatif ini sebelumnya juga telah diberlakukan di berbagai wilayah operasional OYO yang terdampak COVID-19 seperti India, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para karyawan dan tamu tetap terjaga, OYO juga telah menerapkan standar prosedur operasional sesuai dengan protokol kesehatan.

Di antaranya pengecekan suhu tubuh sebelum check-in, penggunaan masker, penyediaan cairan hand sanitizer, mencuci tangan secara rutin serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kamar hotel sebelum tamu check-in dan setelah check-out, demi menjaga kamar tetap higienis. 

Pada Februari 2020 lalu, OYO juga telah mengalokasikan dana sebesar US$200 ribu (Rp2,7 miliar) di Asia Tenggara dan lebih dari 1 juta RMB (Rp1,9 miliar) khusus untuk wilayah Tiongkok untuk turut menanggulangi COVID-19.

Dana tersebut dialokasikan untuk membantu para mitra pemilik aset dan anggota keluarga mereka di daerah-daerah yang terkena dampak COVID-19.

Sejumlah jajaran senior manajemen OYO juga turut menyumbangkan sebagian dari gaji mereka di bulan Februari 2020 untuk menyokong tujuan tersebut.