Find Us On Social Media :

Epson WorkForce WF-100: Printer Portabel

By Wisnu Nugroho, Selasa, 24 April 2018 | 20:24 WIB

Epson WorkForce WF-100

Epson WorkForce WF-100 merupakan printer portabel berbasis inkjet warna. Perangkat  ini tidak hanya memiliki ukuran kompak, tetapi juga sudah dilengkapi dengan baterai sehingga bisa dioperasikan tanpa menghubungkannya ke sumber listrik eksternal. Bahkan dimensinya yang mungil dan bobotnya yang ringan ini, diklaim Epson sebagai yang terkecil dan teringan di dunia.

Menariknya, konektivitas yang tersedia tidak hanya melalui port USB, tetapi juga melalui koneksi Wi-Fi. Dengan koneksi ini, Anda bisa menghubungkannya ke komputer desktop atau laptop secara nirkabel. Ini bisa dilakukan melalui perantaraan router sehingga beberapa perangkat bisa terhubung secara bergantian.

Koneksi nirkabel ini juga mendukung fitur Wi-Fi Direct sehingga Epson WorkForce WF-100 bisa terhubung secara langsung dengan perangkat lain tanpa perantaraan router. Fitur tersebut biasa digunakan saat Anda hendak mencetak secara langsung dari smartphone atau komptuer tablet berbasis iOS dan Android sampai empat perangkat.

Pada bagian panel terdapat layar warna berukuran 1,44 inci serta beberapa tombol fungsi. Dari sini Anda bisa mengoperasikan serta melakukan berbagai pemantauan serta pengaturan secara langsung tanpa bantuan dari PC desktop maupun laptop.

Selain ukuran yang ringkas, penggunaan daya Epson WorkForce WF-100 juga minim. Saat terhubung listrik, perangkat ini beroperasi menggunakan daya sebesar 14 watt, sedangkan saat menggunakan baterai konsumsinya hanya sebesar 11 watt. Tidak heran saat menggunakan baterai, kecepatannya agak melambat.

Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1.860 mAh, tetapi kami sendiri tidak bisa mematok daya tahan baterai karena penggunaan printer yang bervariasi. Apalagi jika mengaktifkan mode Wi-Fi dan Wi-Fi Direct secara bersamaan yang akan memakan daya lebih besar. Untuk menghemat daya terdapat fitur battery saver. Di mode ini printer secara otomatis akan berada dalam kondisi sleep saat sedang tidak digunakan.

Epson WorkForce WF-100

Dua Cartridge

Dengan cartridge yang terdiri dari warna hitam dan kombinasi tiga warna (tri-color), printer ini mampu mencetak segala jenis dokumen, mulai dari yang berbasis teks monokrom sampai foto berwarna.

Hasil uji

Plus: Dimensi ringkas, bobot ringan, hasil cetak bagus, dilengkapi baterai, dukung koneksi kabel dan nirkabel (Wi-Fi dan Wi-Fi Direct), bisa mencetak dari iOS dan Android, terdapat built-in driver.

Minus: Daya tahan baterai kurang lama, daya tampung kertas kurang banyak, kurang gegas.