Find Us On Social Media :

Bill Gates Bersedia Rugi Triliunan Rupiah demi Vaksin Covid-19

By Wisnu Nugroho, Senin, 6 April 2020 | 16:15 WIB

Bill Gates

Bill Gates benar-benar memiliki jiwa yang dermawan. Hal ini sudah terbukti dari proyek filantropi yang lahir melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation. Namun di tengah wabah Covid-19, Gates kembali menunjukkan kedermawanannya.

Gates berkomitmen membangun pabrik untuk tujuh kandidat vaksin Covid-19. “Karena memiliki expertise mendalam di bidang penyakit menular, Gates Foundation sudah mempersiapkan dana untuk menanggulangi pandemi ini,” ungkap Gates di acara Daily Show. “Dana tersebut dapat mempercepat penemuan vaksin untuk Covid-19 ini,” tambah Gates.

Dana tersebut digunakan untuk membiayai pengembangan tujuh kandidat vaksin terbaik Covid-19. Masing-masing kandidat vaksin akan mendapat sokongan bahan baku dan peralatan yang diperlukan untuk proses pengembangan. Nantinya, akan dipilih dua vaksin yang terbukti efektivitasnya untuk dikembangkan secara massal.

Gates menyebut, pengembangan tujuh pabrik vaksin secara paralel harus dilakukan untuk mempercepat produksi vaksin Covid-19. “Dengan begitu kita tidak membuang waktu mencari vaksin yang efektif dan baru membangun pabriknya,” ungkap Gates.  

Gates mengakui, pendekatan ini membuat miliaran dollar harus “terbuang” karena membiayai pembuatan vaksin yang ternyata tidak jadi digunakan. Apalagi beberapa kandidat vaksin membutuhkan perangkat khusus.

Namun Gates menyebut, semua itu harus dilakukan untuk mempercepat penemuan vaksin. “Akan ada miliaran dollar yang terbuang untuk proses manufaktur vaksin yang akhirnya tidak dipilih,” tulis Gates di kolom Washington Post. “Namun kehilangan miliaran dollar di tengah kondisi seperti saat ini ketika ekonomi kehilangan triliunan dollar; saya kira ini adalah pengorbanan yang layak dilakukan,” tambah Gates.

Gates sendiri memprediksi, vaksin akan tersedia paling lambat 18 bulan lagi.

Di luar pembuatan vaksin ini, Bill Gates dan istri, Melinda Gates, telah menyumbangkan US$100 juta (atau sekitar Rp1,6 triliun) untuk melawan pandemik Covid-19 di AS. Sebagian dana digunakan untuk membuat test kit Covid-19 yang bisa digunakan di rumah.