Find Us On Social Media :

ZenScreen Jadi Monitor Portabel Terlaris, ASUS Bawa ROG Strix XG17

By Cakrawala, Kamis, 9 April 2020 | 22:15 WIB

ROG Strix XG17

Menurut IHS Markit yang kini menjadi bagian dari Informa Tech, pengapalan secara global dari monitor portabel akan kembali bertumbuh signifikan pada tahun 2020 ini. Pasalnya, portabel monitor tersebut diyakini bisa meningkatkan produktivitas dari pengguna notebook utamanya ketika berpergian atau berada di luar kantor maupun rumah. Menariknya lagi, pada ketiga kuartal awal tahun 2019 alias dari kuartal pertama sampai kuartal ketiga tahun 2019, berdasarkan informasi IHS Markit, ASUS melalui ZenScreen-nya memiliki porsi sebesar 64% dari seluruh monitor portabel yang dikapalkan di dunia. ASUS pun hari ini menegaskan pencapaiannya itu dan berencana untuk terus memperluas jangkauan monitor portabelnya dengan membawa monitor gaming portabel terbaru ROG Strix XG17 ke Indonesia pada bulan Mei 2020 yang akan datang.

Adapun jumlah pengapalan monitor portabel secara global yang IHS Markit perkirakan pada tahun 2019 adalah sebanyak 262 ribu unit. Nilai tersebut meningkat sebesar 46% dibandingkan nilai tahun 2018 yang sebesar 179 ribu unit. Sementara, banyaknya pengapalan monitor portabel secara global menurut prediksi IHS Markit untuk tahun 2020 adalah sebesar 331 ribu unit. Bila perkiraan-perkiraan itu akurat, besarnya peningkatan yang terjadi pada tahun 2020 adalah sekitar 26%.

"Monitor portabel bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna PC notebook ketika bekerja di luar ruangan atau bepergian," ujar Jeff Lin (Associate Director, IHS Markit | Technology). "Hal ini adalah sangat benar pada era 5G, ketika teknologi fixed wireless dan millimeter-wave secara dramatis meningkatkan kecepatan konektivitas nirkabel. Kedatangan 5G, bersama-sama daya tahan baterai yang meningkat untuk perangkat seperti PC notebook, ponsel pintar hibrida dan perangkat yang bisa dilipat akan membantu monitor portabel untuk memenuhi kebutuhan terhadap produktivitas mobile yang lebih tinggi," jelasnya lagi.

ROG Strix XG17 sendiri ditujukan untuk memberikan pengalaman bermain gim berkualitas tinggi ketika pengguna sedang bepergian. ROG Strix XG17 menawarkan layar dengan panel IPS Full HD, refresh rate 240 Hz, serta waktu respons 3 ms sehingga sangat cocok dengan peruntukkannya tersebut. ASUS bahkan mengklaim ROG Strix XG17 sebagi monitor portabel paling cepat di dunia. Ukuran layarnya yang 17,3 inci juga cukup besar untuk digunakan bermain gim dengan nyaman.

Tak hanya itu, ROG Strix XG17 turut dilengkapi dengan baterai berkapasitas 7.800 mAh yang memungkinkan penggunaan 3,5 jam sampai refresh rate 240 Hz. Terdapat pula sepasang speaker yang diklaim menghadirkan suara yang immersive. Bobotnya pun tidak berat, sekitar 1 kg. Sementara, untuk koneksinya, ROG Strix XG17 menyediakan USB Type-C, micro-HDMI, dan jack 3,5 mm untuk audio.

Selain akan membawa ROG Strix XG17, ASUS telah merayakan pencapaian ZenScreen menjadi monitor portabel terlaris dengan mengadakan promosi di media sosial mulai sampai 5 April 2020 lalu. Para pengguna ZenScreen yang berbagi pengalamannya di Facebook, Instagram, atau Twitter menggunakan #TeamZenScreen mendapatkan kesempatan untuk memenangkan 1 dari 3 proyektor portabel ZenBeam S2.