Find Us On Social Media :

Sindir Zoom, Google: Inilah Mengapa Google Hangout Meet Lebih Aman

By Wisnu Nugroho, Kamis, 9 April 2020 | 17:03 WIB

Ilustrasi Google Hangouts Meet

Ketika dunia menjalani karantina dan WFH, penggunaan aplikasi video conference langsung melejit. Aplikasi yang paling populer tentu saja Zoom, yang dalam sebulan terakhir mencatat kenaikan penggunaan 6,5 kali lipat dibanding biasanya.

Akan tetapi, kesuksesan instan tersebut ternyata membuka banyak kelemahan Zoom. Mulai dari diam-diam mengirim data ke Facebook, data video yang mampir ke China, sampai zoombombing yang membuat sesi video menjadi berantakan.

Isu keamanan Zoom ini pun “dimanfaatkan” oleh pesaingnya. Salah satunya adalah Google yang memiliki layanan video conference Google Hangouts Meet. Melalui blog resminya, Google mengungkapkan strategi mereka dalam melindungi keamanan pengguna Google Hangouts Meet, utamanya dari orang iseng yang mencoba mengganggu.

Keunggulan Google Hangouts Meet

Salah satunya adalah Meeting ID yang menggunakan 10-25 karakter yang terdiri dari angka dan huruf. Sebagai perbandingan, Zoom hanya menggunakan 9-11 berformat angka yang relatif lebih mudah ditebak. 

Selain itu, peserta rapat di luar perusahaan harus mendapat calendar invitation dari seseorang di dalam organisasi; yang dibedakan dari domain email-nya. Contohnya jika redaksi@infokomputer.com diundang ke rapat Google, maka kami harus memiliki calendar invitation dari Google. Cara lainnya, kami harus meminta izin ke host untuk memasuki ruang rapat tersebut.

Google juga mengklaim, data video pembicaraan di Google Hangouts Meet seluruhnya dienkripsi, mulai dari klien ke server Google sampai video tersebut diolah di server Google. Enkripsi dilakukan menggunakan DTLS dan SRTP yang merupakan enkripsi standar publik. Lagi-lagi, ini merupakan kelebihan tersendiri dibanding Zoom yang mengenkripsi data menggunakan teknik enkripsi buatan sendiri.