Find Us On Social Media :

Antisipasi Pandemi Corona, Pabrik iPhone Foxconn Produksi Ventilator

By Adam Rizal, Jumat, 10 April 2020 | 09:00 WIB

Para pekerja Foxconn sedang merakit iPhone di pabrik perakitan Foxconn di Tiongkok

Mitra Apple yang merakit iPhone, Foxconn akan memproduksi ventilator untuk membantu lembaga kesehatan selama pandemi virus corona. Ventilator itu dirancang oleh perusahaan perangkat medis asal Amerika Serikat, Medtronic.

CEO Medtronic Omar Ishrak mengatakan pabrik Foxconn yang berlokasi di Wisconson, AS, bakal memproduksi ventilator.

"Foxconn akan memproduksi ventilator berdasarkan desain PB-560 dalam empat hingga enam minggu ke depan," ujarnya, seperti dikutip laman The Verge.

Pabrik Foxconn di Wisconsin pertama kali diumumkan pada tahun 2017 sebagai pabrik LCD senilai USD 10 miliar. Foxconn mengkonfirmasi pengembangan ventilator dalam sebuah pernyataan, tapi tidak menyebutkan kapan dan di mana mereka akan mulai memproduksi ventilator.

Dalam pernyataan, Foxconn berharap mempercepat waktu produksi sehingga ventilator dapat diproduksi sesegera mungkin, dan bisa membuat tenaga medis dan teknis dari kedua perusahaan bekerja sama secara erat.

Foxconn bakal meningkatkan produksi di pabriknya sendiri untuk mencapai tujuan memproduksi 1.000 unit ventilator.

"Kemitraan ini muncul setelah Medtronic membuka sumber desain untuk ventilator PB-560-nya, yang telah diunduh sebanyak 70.000 kali," tutur Ishrak seperti dikutip Reuters.

Foxconn telah bergabung dengan banyak perusahaan lain yang juga mencoba menggunakan fasilitas mereka untuk memproduksi ventilator, yang bertujuan membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit dan fasilitas kesehatan di tengah krisis virus corona.

Awal pekan ini, para insinyur Tesla memamerkan prototipe ventilator yang dibuat menggunakan suku cadang mobil.

Bulan lalu, Ford akan memproduksi 50.000 ventilator dalam 100 hari mendatang. Saingannya, General Motors, juga membangun perangkat semacam itu di pabriknya yang berlokasi di Kokomo, Indiana.

Selain itu, perusahaan satelit Virgin Orbit juga bekerja sama dengan sekelompok dokter untuk membangun ventilator ekonomis.