Find Us On Social Media :

Rekomendasi Lima Aplikasi untuk Belajar Online Secara Gratis

By Dayu Akbar, Jumat, 10 April 2020 | 10:30 WIB

Guna pencegahan wabah virus COVID-19, tidak hanya pekerja yang menerapkan WFH tetapi juga para pelajar yang mesti menerapkan aktivitas belajar dari rumah secara daring (online).

Guna mendukung aktivitas tersebut, beberapa layanan edutech atau perusahaan digital di bidang pendidikan mencoba mendukung kegiatan belajar dari rumah ini.

Menariknya lagi, beberapa fitur yang ada bisa diakses secara gratis. Dari sekian banyak layanan sejenis, berikut lima aplikasi yang bisa jadi rekomendasi.1. Kelas Pintar Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Pengguna bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif. Pengguna juga dapat berlatih soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions), dan dievaluasi dengan Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, dan Tes Periodik.

Belajar mudah Kelas Pintar bisa Anda akses di sini.2. Ruangguru Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum. Program ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan soal di fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis.

Ruangguru bisa Anda akses di sini.3. Rumah belajar Rumah Belajar merupakan aplikasi bikinan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Sebagai portal pembelajaran daring, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. Aplikasi ini juga menyediakan Bank Soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di dalam aplikasi gratis ini. Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya juga berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa dari rumah.

Materi milik Kemendikbud ini bisa Anda akses di sini.4. Zenius Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dengan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

Materi belajar gratis Zenius bisa Anda akses di sini.

5. Genius Genius merupakan bimbingan belajar online yang berisi rangkuman materi lengkap, soal kuis, soal latihan berjenjang dan dilengkapi dengan video-video pembelajaran menarik. Harapannya, sistem ini bisa membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Di aplikasi ini, pengguna dapat mengakses fitur menarik seperti Bank Soal, Genius teacher, Pojok Literasi, atau Belajar Kelompok dengan membuat grup chat.

Materi interaktif Genius bisa Anda akses di sini.