Find Us On Social Media :

Bill Gates Prediksi Pandemi Virus Corona Bisa Muncul Setiap 20 Tahun

By Adam Rizal, Selasa, 14 April 2020 | 09:00 WIB

Bill Gates

Salah satu orang terkaya di dunia yang juga pendiri Microsoft, Bill Gates, mempunyai pandangan tersendiri mengenai pandemi virus corona yang sedang melanda banyak negara saat ini.

Menurut Gates, wabah seperti virus corona akan terjadi lagi di masa depan dan bisa setiap 20 tahun atau lebih.

Pernyataan Bill Gates itu cukup mengejutkan. Menurutnya, dunia saat ini harus bersiap menghadapi wabah seperti virus corona lagi di masa depan. Gates memperingatkan tentang risiko penyakit yang disebabkan oleh virus akan kembali terjadi di masa depan. Namun, hal ini bisa dihindari, jika pemerintah di banyak negara menjadikan langkah pencegahan sebagai prioritas.

"Biaya melakukan semua itu dengan baik sangat kecil dibandingkan dengan apa yang kami alami di sini. Dan sekarang orang sadar, OK, benar-benar ada probabilitas yang berarti setiap 20 tahun atau lebih dengan banyak perjalanan dunia bahwa salah satu dari (virus) ini akan datang. Sehingga warga berharap pemerintah menjadikannya prioritas," jelas Gates kepada Financial Times.

Gates yakin bahwa pelajaran yang bisa dipetik dari wabah virus corona yang terjadi saat ini akan mendorong orang dan juga pemerintah untuk lebih mempersiapkan diri di masa depan. Namun, akan tetap menyesali bahwa biaya untuk mengatasi wabah kali ini terlalu tinggi. "Seharusnya tidak memerlukan banyak triliunan dolar untuk sampai ke sana," katanya. “Ilmu pengetahuan ada di sana. Negara-negara akan maju," ujarnya.

Miliarder berusia 67 tahun itu juga mengatakan bahwa COVID-19 adalah peristiwa terbesar yang akan dialami orang-orang di sepanjang hidup mereka. Dampak dari pandemi COVID-19 akan menelan biaya triliunan dolar AS melebihi yang seharusnya.

Namun itu mungkin menjadi alasan bagus bagi pemerintah untuk berinvestasi dalam persiapan menghadapi pandemi berikutnya.

Sebelumnya, Gates telah memperingatkan tentang risiko pandemi selama bertahun-tahun, menyatakan bahwa krisis kesehatan global seperti virus corona dapat melenyapkan nyawa 30 juta orang dalam waktu kurang dari setahun.

Misalnya pada 2015 silam, Gates pernah berbicara di Ted Talk dan meramalkan bahwa dunia tidak siap untuk pandemi yang akan datang.

Pada Februari 2020, yayasan Bill and Melinda Gates Foundation memberikan bantuan 100 juta dolar AS untuk memerangi pandemi virus corona, termasuk dana untuk penelitian vaksin, bantuan untuk tenaga kesehatan, langkah-langkah pencegahan, dan upaya pengobatan di seluruh dunia.

Menurut data WHO, kasus global virus corona sendiri telah mencapai 1.777.517 kasus per 12 April 2020. Dari jumlah tersebut, 108.804 orang meninggal dengan 404.236 pasien berhasil sembuh.