Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Pakai Aplikasi Zoom di Smartphone atau Tablet

By Liana Threestayanti, Selasa, 14 April 2020 | 15:00 WIB

Mau pakai Zoom tapi tak ada notebook atau komputer desktop? Pakai saja Zoom versi mobile. Begini caranya.

Mau pakai Zoom tapi tak ada notebook atau komputer desktop? Pakai saja Zoom versi mobile. Begini caranya.

Harus meeting online dengan rekan-rekan Anda selagi kerja di rumah, sementara perangkat yang tersedia hanya smartphone. Jangan khawatir, karena aplikasi Zoom juga menyediakan versi mobile untuk Android, iPhone, dan iPad.

Seperti di versi desktop, Anda dapat memanfaatkan aplikasi mobile Zoom Cloud Meetings untuk mengikuti atau menjadi 'tuan rumah' pertemuan daring. 

Versi mobile tentu saja lebih ringkas daripada Zoom desktop. Ada empat tab utama di bagian bawah tampilan layar: Meet & Chat, Meetings, Contacts, dan Settings. Setup juga agak berbeda dari versi desktop karena keterbatasan ruang pada tampilan mobile. 

Tab “Meet & Chat” merupakan kombinasi tab “Home” dan “Chat” di desktop. Di dalam tab ini, Anda akan menemukan empat opsi utama terpampang di bagian atas tampilan layar:  New Meeting, Join, Schedule, dan Share Screen. Di bawahnya, aplikasi menampilkan panggilan terakhir dan chat history, dan Contact Requests. Ketuk untuk melihat contact Anda atau menerima permintaan untuk menambahkan kontak. Ketuk ikon bintang di sudut kiri atas untuk melihat favorit atau ketuk ikon pensil di sudut kanan atas untuk menulis pesan ke kontak.  

Tab “Meetings” menampilkan deretan pertemuan yang akan datang (upcoming event). Di tab ini Anda juga bisa melakukan panggilan (call), mengirimkan undangan pertemuan, atau menyunting event. “Personal Meeting ID” adalah kode unik untuk memulai pertemuan. Anda bisa melihat detail pertemuan yang sudah dijadwalkan atau menghapusnya dengan mengetuk pertemuan tersebut. Ketuk Start atau meeting yang sudah dijadwalkan, Anda akan menemukan opsi untuk menambah peserta dan mengirim undangan ke peserta via surel, pesan teks, Hangout, Messenger, atau dengan menyalin URL. Jika peserta sudah ada di daftar Contact, Anda bisa memilih Invite Zoom Contact. 

Tab “Contacts” tampilannya sangat mirip dengan tab yang ada di versi desktop. Tab ini memuat daftar kontak favorit maupun daftar dari directory perusahaan. Untuk mencari kontak, gunakan kotak pencarian di bagian atas tampilan layar. Ketuk simbol plus (+) di sudut kanan atas untuk membuka menu pop-up penambahan kontak, membuat kanal (channel) baru, atau bergabung dengan kanal publik. Contacts atau kontak adalah individu. Sedangkan Channel atau kanal adalah grup yang terdiri dari beberapa individu/kontak.

Tab terakhir adalah “Settings”. Ketuk tab ini jika Anda ingin mengubah setting Meeting, Contacts, dan Chat. Untuk mengubah data profil, ketuk nama Anda di bagian atas tampilan layar. Di bagian data profil ini pula Anda bisa melakukan sign out dari aplikasi Zoom. 

Merekam Meeting

Ada saat di mana Anda harus merekam pertemuan di Zoom. Di versi desktop, hal itu bisa dilakukan dengan mudah. Bagaimana di aplikasi mobile? Sayangnya, Anda bisa melakukan ini hanya jika Anda menggunakan aplikasi mobile Zoom versi berbayar--Pro, Business, atau Enterprise. 

Untuk mengakalinya, ada yang mencoba menggunakan aplikasi screen recorder, misalnya aplikasi Mobizen Recorder. Namun tidak semua versi Android dapat mengakomodasi cara ini. Kebijakan Android OS tidak mengijinkan aplikasi screen recording merekam internal sound dari smartphone atau tablet Android setelah versi Android Lollipop.

Cara lain adalah menggunakan mikropon tapi biasanya cara ini tidak menghasilkan suara yang jernih karena adanya background noise.