Find Us On Social Media :

Strategi XL Bikin Jaringan Lancar Saat Ramadan dan Lebaran

By Adam Rizal, Sabtu, 28 April 2018 | 09:56 WIB

Ilustrasi Menara BTS

Trafik telekomunikasi khusus layanan data akan meningkat selama Ramadan dan libur Lebaran nanti, mengingat banyak warga yang ingin mudik ke kampung halaman. Apalagi, warga tak hanya mengakses komunikasi, tetapi juga hiburan, media sosial, transaksi jual beli, perbankan, sampai mencari informasi.

XL mengungkapkan trafik telekomunikasi di hari normal menyentuh angka 6.055 TB dan XL memprediksi trafik jaringan selama Ramadan dan Lebaran 2018 akan meningkat 20-30 persen. Sebagai perbandingan, trafik Ramadan dan Lebaran saja mencapai 3.700 TeraByte (TB) pada 2017.

Saat Ramadan dan Lebaran nanti, layanan streaming video dan musik akan menjadi yang paling tinggi trafiknya di jaringan XL mencapai 48 persen. Setelah itu, baru pelanggan XL akan mengakses web browsing 16 persen, media sosial 14 persen, instant messaging 9 persen, storage sharing 5 persen, dan VoIP 2 persen.

"Akses layanan streaming mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Kami akan menyiapkan jaringan sebaik mungkin dan meningkatkan kapasitas di jaringan core, transmisi, dan kapastias radio di jalur mudik," kata Yessie D. Yosetya (Direktur Teknologi XL).

Karena itu, XL akan melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan teknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

XL akan fokus penambahan kapasitas jaringan core di area Denpasar dan Medan. XL juga akan menambahkan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dengan menempatkan 49 Mobile BTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8.500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Penambahan kapasitas transmisi itu meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1.000 Gbps atau 3 kali lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017. Selain itu, XL akan melakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antar pulau sebesar 460 G.

Tak lupa, XL akan melakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

XL mengklaim sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96 persen jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G untuk jalan raya, sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta - Surabaya, jaringan 4G telah mencapai lebih dari 90 persen.

Untuk di luar Jawa, lebih dari 94 persen jalur mudik utama di Sumatera dan 66 persen di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G.