Find Us On Social Media :

AMD Umumkan Delapan Partner yang Menggunakan EPYC Generasi ke-2

By Dayu Akbar, Rabu, 15 April 2020 | 13:45 WIB

AMD telah mengumumkan secara resmi kehadirkan tiga prosesor terbarunya dari lini AMD EPYC Generasi ke-2 yaitu AMD EPYC 7F32 (8 cores), EPYC 7F52 (16 cores), dan EPYC 7F72 (24 cores). Ketiganya menawarkan performa lebih tinggi dan efisien untuk performa optimal pada database, high-performance computing (HPC) komersial dan infrastruktur beban kerja yang tinggi.Prosesor AMD EPYC Generasi ke-2 tersebut menghadirkan terobosan nilai dan performa per core yang juga menambahkan performa per core paling tinggi pada jajaran EPYC. Dengan keunggulan tersebut, AMD juga mengumumkan bahwa beberapa OEM dan partner sudah menggunakan lini prosesor tersebut untuk server mereka. “AMD EPYC memaknai kembali data center modern dan dengan tambahan tiga prosesor bertenaga, kami memungkinkan pelanggan kami untuk mendapatkan hasil lebih baik di pasar enterprise,” kata Dan McNamara, Senior Vice President and General Manager, Server Business Unit, AMD. “Dengan partner terpercaya, kami bersama-sama mendorong batas performa per core dan nilai dalam infrastruktur beban tinggi, HPC komersial dan beban kerja database,” lanjutnya.Ekosistem OEM, penyedia cloud, ISVs dan IHVs, yang menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua terus bertumbuh dengan keberadaan OEM dan partner baru yang mengadopsi prosesor AMD EPYC 7Fx2. Saat ini sudah ada delapan partner yang sudah dan akan mengadopsi ketiga lini prosesor tersebut.Dell TechnologiesDell Technologies akan mendukung tiga prosesor ini di seluruh jajaran AMD EPYC berdasarkan server Dell EMC PowerEdge, termasuk R6525 yang memegang rekor dunia 2P Four-Node Benchmark Result pada VMmark 3 dengan VMware vSAN.

“Prosesor AMD EPYC 7Fx2 ini memungkinkan server Dell EMC PowerEdge untuk mendorong manfaat performa yang substansial untuk aplikasi bisnis pelanggan seperti database dan infrastruktur hyperconverged, di mana server Dell EMC PowerEdge memegang rekor dunia dalam performa benchmark,” – Rajesh Pohani, vice president, Server Platform Product Management, Dell TechnologiesHewlett Packard Enterprise (HPE)HPE juga menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua dengan dukungan terbaru HPE SimpliVity, solusi infrastruktur cerdas yang terkonvergensi. Selain itu, HPE juga akan mendukung ketiga prosesor AMD EPYC 7Fx2 yang baru saja diumumkan untuk HPE Apollo 2000 Gen10 Plus system, server HPE ProLiant DL385 Gen10 Plus dan server HPE ProLiant DX.IBM CloudIBM Cloud adalah penyedia cloud pertama yang menawarkan kepada kliennya prosesor AMD EPYC 7F72 dalam penawaran bare metal mereka, menyediakan akses ke server bare metal dual socket dual-count-core yang cepat. Selain itu, IBM baru saja mengumumkan ketersediaan server bare metal pertamanya yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC 7642. Lenovo Lenovo akan mendukung prosesor AMD EPYC 7Fx2 baru pada platform ThinkSystem SR635 dan SR655. Platform ThinkSystem ini sudah menjadi pilihan tepat untuk berbagai beban kerja perusahaan termasuk analitik data, penyimpanan yang ditentukan perangkat lunak, dan infrastruktur untuk pekerja jarak jauh.

Prosesor AMD EPYC 2nd Gen frekuensi baru yang lebih tinggi ini, dengan peningkatan kecepatan clock inti hingga 15%, dalam platform ThinkSystem socket tunggal, memberi pelanggan pilihan lebih besar untuk beban kerja di mana performa per core sangat penting.Microsoft Microsoft mengakui dampak yang dimiliki prosesor AMD EPYC 7Fx2 baru dalam memberikan pelanggan platform data Microsoft pengalaman terbaik, termasuk SQL Server TPM hingga 17% lebih tinggi per kinerja inti. NutanixDalam hubungannya dengan HPE, Nutanix mengumumkan bahwa mereka mengharapkan bahwa perangkat lunak Nutanix HCI akan didukung pada server HPE ProLiant berbasis AMD EPYC pada bulan Mei. Selain itu, HPE mengumumkan ketersediaan prosesor AMD EPYC 7Fx2 mendatang pada server HPE ProLiant DX di Q3. Supermicro Supermicro meluncurkan platform blade pertama di industri yang dibangun untuk prosesor AMD EPYC Generasi Kedua dengan dukungan langsung untuk prosesor AMD EPYC 7Fx2 baru yang dikombinasikan dengan Ethernet 25G terintegrasi dan dukungan opsional 100G EDR InfiniBand dengan 200G HDR dalam waktu dekat. Selain itu, semua platform Supermicro A + termasuk sistem Ultra, GPU, WIO, Twin dan Mainstream akan segera mendukung prosesor AMD EPYC 7Fx2 yang baru.VMwareInovator terkemuka dalam software enterprise, menambahkan dukungan untuk prosesor AMD EPYC 7Fx2 Generasi Kedua memungkinkan pelanggan mengakses platform virtualisasi bertenaga.

“Prosesor AMD EPYC 7Fx2 Generasi Kedua membawa nilai baru bagi pelanggan VMware. Elemen kunci dari VMware vSphere, vSAN, dan sekarang kesuksesan pasar VMware Cloud Foundation adalah komitmen kami untuk membantu pelanggan dengan cepat mengadopsi inovasi hardware terbaru,” ujar Richard A. Brunner, chief technology officer, Server Platform Technologies, VMware.