Find Us On Social Media :

Intel Menjadi Vendor Semikonduktor Nomor Satu di Dunia pada Tahun 2019

By Cakrawala, Kamis, 16 April 2020 | 20:30 WIB

 

Berdasarkan laporan yang baru saja dikeluarkan oleh Gartner, Intel berhasil menjadi vendor semikonduktor nomor satu di dunia untuk tahun 2019 berdasarkan pendapatan atau revenue. Intel menggeser Samsung yang menduduki posisi tersebut pada tahun 2018. Selain itu, Gartner juga melaporkan pendapatan semikonduktor secara global pada tahun 2019 mengalami penurunan signifikan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah kelebihan persediaan atau suplai dari DRAM yang tentunya memengaruhi harga. Samsung sendiri sejak lama merupakan vendor DRAM dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

"Kelebihan suplai pada pasar DRAM membantu mendorong pasar memori secara keseluruhan turun 32,7% pada 2019. Pasar memori bertanggung jawab terhadap 26,1% dari penjualan semikonduktor pada 2019 dan merupakan segmen perangkat yang kinerjanya paling buruk," ucap Andrew Norwood (Vice President, Research, Gartner). "Perang dagang AS - Cina mendistorsi penjualan sepanjang tahun dan merupakan suatu penghambat tambahan terhadap pertumbuhan pendapatan untuk pasar semikonduktor global secara keseluruhan. Selama 2019, perang dagang yang berkembang ini kelihatannya menjadi bahaya yang paling dekat kepada ekonomi dunia, tetapi dengan menyebarnya virus COVID-19 saat ini, perang dagang terlihat sebagai sebuah isu kecil bila dibandingkan," tambah Andrew Norwood,

Intel berhasil meperoleh pendapatan sekitar US$67,75 miliar pada tahun 2019. Berbeda dengan beberapa entitas lain yang masuk daftar sepuluh vendor dengan pendapatan semikonduktor terbesar di dunia pada tahun 2019, Intel mengalami pertumbuhan pada sisi pendapatannya. Dibandingkan tahun 2018, Intel bertumbuh sekitar 2,2%.

Samsung sendiri menempati posisi kedua dengan pendapatan semikonduktor sekitar US$52,19 miliar pada tahun 2019. Pendapatan Samsung tersebut turun sekitar 29,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain Intel, hanya Apple yang berada di posisi kesepuluh yang pendapatan semikonduktornya meningkat pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2018. Sisanya, mengalami penurunan. Secara keseluruhan, pendapatan semikonduktor secara global pada tahun 2019 mengalami penurunan sebanyak 12% dibandingkan tahun 2018. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat pada tabel berikut.

Sepuluh vendor dengan pendapatan semikonduktor terbesar pada tahun 2019.

Seperti telah disebutkan, segmen memori mengalami penurunan signifikan pada tahun 2019. Selain DRAM, NAND flash memory juga mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Besarnya adalah 26,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Penyebabnya diyakini Gartner berupa tingkat penyimpanan yang meningkat pada akhir tahun 2018 dan permintaan yang lambat pada semester pertama tahun 2019. Alhasil, harga dari NAND flash memory mengalami penurunan.

Beberapa saat lalu, Gartner juga memprediksi pendapatan semikonduktor pada tahun 2020 akan mengalami penurunan. Penyebabnya adalah virus corona baru yakni SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 yang kini sedang mewabah. Wabah global tersebut tentunya memengaruhi persediaan dan permintaan terhadap semikonduktor di dunia. Gartner memprediksikan pendapatan semikonduktor secara global pada tahun 2020 akan turun sebesar 0,9% dibandingkan tahun 2019 seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini.