Find Us On Social Media :

Asosiasi Healthtech Indonesia Luncurkan stopcov.id untuk COVID-19

By Cakrawala, Kamis, 16 April 2020 | 21:45 WIB

Healthtech.id atau Asosiasi Healthtech Indonesia hari ini mengumumkan bahwa Healthtech.id telah meluncurkan stopcov.id di Indonesia yang merupakan ruang temu tenaga, manajemen fasilitas, dan penyedia alat kesehatan untuk mengusahakan ketersediaan logistik kesehatan, data diagnosis pasien, dan data terkait lainnya sehubungan COVID-19. stopcov.id yang beralamat sesuai namanya diklaim muncul berkat kurang validnya data mengenai keadaan di lapangan sehubungan COVID-19, yakni data kebutuhan alat kesehatan, data diagnosis pasien, dan data lainnya yang menyebabkan seluruh pihak mengalami kesulitan dalam memberikan solusi yang tepat sasaran.

Healthtech.id menghadirkan stopcov.id dengan tujuan untuk antara lain mengumpulkan data valid mengenai berbagai sumber permasalahan yang perlu diatasi berkaitan dengan wabah COVID-19, termasuk verifikasi dan analisis data. Healthtech.id menilai bahwa upaya terhadap wabah COVID-19 masih saling tumpang tindih sehingga menghasilkan dampak yang kurang maksimal. Para pendirinya berharap stopcov.id bisa membantu mengatasi masih saling tumpang-tindihnya upaya terhadap wabah COVID-19 tersebut. Lebih lanjut, mereka meyakini diperlukan kolaborasi yang lebih baik antara seluruh pihak untuk bisa mengatasi wabah Covid-19 secara lebih efektif, kolaborasi yang juga diharapkan bisa terwujud berkat stopcov.id.

“Di tengah tersebarnya beragam data, aplikasi, inisiatif komunitas dan individu, serta informasi teknis medis, kami memfasilitasi tenaga medis, pemangku kepentingan, dan masyarakat agar dapat menggunakan informasi dan aplikasi yang tepat dalam upaya menghadapi COVID-19. Semua kami kumpulkan menjadi satu wadah di stopcov.id, dengan harapan pencari informasi dapat dengan cepat mempelajari dan memilih aplikasi yang tepat sesuai kebutuhannya,” ujar dr. Gregorius Bimantoro (Pendiri ProSehat dan Anggota Asosiasi Healthtech Indonesia).

stopcov.id juga melakukan beberapa inisiatif lain. Inisatif tersebut seperti menyuplai APD kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di seluruh Indonesia dan integrasi data pasien COVID-19 melalui Electronic Medical Record antarfasilitas kesehatan.

Selain ProSehat, startup lain yang mendukung stopcov.id adalah Perawatku.id dan Widya Analytic. Gerakan ini pun didukung oleh Medigo, SiCepat Express, ZiCare, dan beberapa perusahaan lain.

“Kami juga mengundang penyedia cloud infrastructure dan hosting, serta pihak lain yang tertarik bekerjasama untuk mengembangkan platform stopcov.id,” pungkas Andry Haryanto (Koordinator Inisiatif Kolaborasi Komunitas stopcov.id).