Find Us On Social Media :

Waspada! Aplikasi Kartu Prakerja Palsu Bertebaran di Play Store

By Adam Rizal, Jumat, 17 April 2020 | 09:00 WIB

Situs Kartu Pekerja di Prakerja.go.id

Pemerintah telah resmi membuka program Kartu Prakerja secara online sejak Sabtu (11/4/2020). Program pendaftaran akan berlangsung hingga besok Kamis (16/4/2020).

Kartu Prakerja merupakan inisiatif dari pemeritah untuk memberikan bantuan berupa biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Tak pelak, program ini pun segera menjadi daya tarik banyak orang. Namun perlu hati-hati dalam mencari informasi prakerja.

Sebab, banyak aplikasi abal-abal yang mencatut nama program prakerja dan tersebar di toko aplikasi Android, Play Store.

Dari pantauan di Play Store, setidaknya ada sembilan aplikasi palsu yang membubuhkan nama "prakerja". Beberapa aplikasi pun sudah cukup banyak diunduh. Salah satunya aplikasi bernama "Cara Daftar Kartu Pra Kerja" yang dibuat oleh pengembang dengan nama "Grsapps".

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100.000 kali di Play Store. Salah satu calon peserta program prakerja sempat mengunduh aplikasi ini untuk mengetahui informasi cara pendaftaran kartu Prakerja.

"Pas dibuka (aplikasi) itu sampah banget, enggak ada apa-apa. Setelah itu langsung aku uninstall," ujar salah satu calon peserta prakerja yang enggan disebutkan namanya itu.

Ia mengatakan, aplikasi ini juga meminta izin untuk mengakses galeri dan kontak. Keluhan senada juga ditulis beberapa pengunduh di kolom ulasan aplikasi. Ada yang menyebutnya banyak mengandung iklan.

Aplikasi palsu semacam itu berpotensi sebagai aplikasi berbahaya. Biasanya, aplikasi tersebut berisi adware yang membuat seringnya muncul berbagai iklan mengganggu. Tidak cuma mengganggu, iklan-iklan itu juga bisa menyedot kuota data atau pulsa pengguna.

Tidak menutup kemungkinan pula, aplikasi ini memuat malware yang bisa mengancam data penting seperti kontak, galeri, bahkan perbankan yang tersimpan di perangkat.

Apalagi jika pengguna mengizinkan aplikasi mengakses galeri atau kontak pengguna. Hingga sekarang, pemerintah belum membuat aplikasi khusus untuk program prakerja yang bisa diunduh di toko aplikasi.

Namun masalah ini juga menunjukkan kelemahan Google Playstore dalam menyeleksi aplikasi yang masuk toko aplikasi mereka.