Find Us On Social Media :

AMD Sumbangkan Sistem US$15 Juta untuk Bantu Penelitian COVID-19

By Cakrawala, Kamis, 16 April 2020 | 23:37 WIB

Banyak perusahaan teknologi bahu-membahu menyumbangkan berbagai hal untuk membatu melawan COVID-19 yang mewabah. Begitu pula dengan AMD yang beberapa saat lalu mengumumkan menyumbangkan berbagai sistem berkinerja tinggi dengan harga total US$15 juta untuk membantu lembaga penelitian dalam meneliti COVID-19 dan penyakit lainnya. Sumbangan sebesar US$15 juta ini adalah langkah awal dari COVID-19 Fund yang diumumkan AMD pada saat yang sama. Dengan kata lain, bisa saja di kemudian hari AMD akan menyumbangkan aneka sistem maupun hal lainnya.

Berbagai sistem berkinerja tinggi tersebut ditenagai oleh prosesor AMD EPYC dan kartu grafis AMD Radeon Instinct. Lebih lanjut AMD mengatakan bahwa AMD akan bekerja sama dengan penyedia sistem HPC (high performance computing) yang menjadi mitranya untuk mempercepat implementasi. Dengan mitra sistem HPC-nya, AMD akan menyediakan node HPC yang siap untuk instalasi. Jadi, lembaga penelitian yang menghubungi AMD dan mendapatkan bantuan bisa segera memanfaatkan sistem berkinerja tinggi tersebut.

Sebelumnya AMD juga sudah bergabung dengan COVID-19 High Performance Computing Consortium atau COVID-19 HPC Consortium. Bersama AMD, dari sisi industri, terdapat pula IBM, Amazon Web Services, Google Cloud, Hewlett Packard Enterprise, Microsoft, dan NVIDIA.

Sekadar informasi, COVID-19 HPC Consortium adalah usaha yang dipelopori oleh Gedung Putih, Departemen Energi Amerika Serikat, dan IBM untuk membawa bersama Pemerintah Amerika Serikat, industri, dan pemimpin akademi yang menyumbangkan waktu komputasi dan sumber daya lain pada mesin-mesin kelas dunia mereka. Aneka sumber daya yang disumbangkan tersebut ditujukan untuk digunakan oleh para peneliti melakukan penelitan sehubungan COVID-19 yang disebabkan virus corona baru bernama SARS-CoV-2. Bersama AMD, dari sisi industri, terdapat pula Amazon Web Services, Google Cloud, Hewlett Packard Enterprise, Microsoft, NVIDIA, dan tentu saja IBM.

Selain itu, AMD juga melakukan berbagai sumbangan lainnya sehubungan wabah COVID-19. AMD antara lain menyumbangkan teknologi dan kemampuan teknis, termasuk Radeon Instinct MI50 untuk mendukung penelitan pada Lawrence Livermore National Laboratory di Amerika Serikat; menyumbangkan lebih dari US$1 juta ke yayasan dan badan amal yang berada di garis depan perlawanan; dan menyumbangkan ratusan ribu masker ke tenaga medis profesional.