Find Us On Social Media :

Trump Hentikan Pendanaan ke WHO Saat Corona, Bill Gates: Ini Berbahaya

By Adam Rizal, Jumat, 17 April 2020 | 10:30 WIB

Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates ikut berkomentar atas keputusan Presiden Donald Trump yang menghentikan sementara pendanaan ke World Health Organization (WHO). Bill Gates menggambarkan kebijakan Trump itu sebagai "sangat berbahaya".

Pendapat itu disampaikan Bill Gates melalui akun twitter resminya @BillGates. Menurutnya, saat ini dunia sangat membutuhkan WHO untuk memerangi virus corona Covid-19 yang telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia.

"Menghentikan pendanaan untuk World Health Organization selama krisis kesehatan dunia ini sangat berbahaya. Tugas WHO adalah memperlambat penyebaran COVID-19, dan jika tugas tersebut terhenti, tidak tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Justru di saat seperti ini, dunia membutuhkan WHO," cuit Bill Gates.

Pada Selasa (14/4/2020), Presiden AS Donald Trump menghentikan pendanaan untuk WHO. Ia menyebut WHO melakukan kesalahan karena mendorong informasi yang salah mengenai Covid-19.

Menurut Trump, kesalahan WHO adalah ketika awal virus merebak, WHO menyebut virus tidak menular dan tidak perlu larangan perjalanan. Trump juga mengkritik keputusan WHO yang menentang pembatasan perjalanan dari China sebagai hal berbahaya.

Trump yang menggunakan frase "virus China" untuk menggambarkan corona ini merasa WHO gagal dalam memberikan informasi mengenai pandemi ini secara tepat dan transparan.

Lebih lanjut, pemerintahan Trump akan melakukan penyelidikan "menyeluruh" dan akan berlangsung 60 hingga 90 hari.