Find Us On Social Media :

Cegah Kejahatan Siber, TikTok Luncurkan Fitur Family Pairing

By Indah PM, Jumat, 17 April 2020 | 19:30 WIB

TikTok meluncurkan fitur Family Pairing untuk mencegah kejahatan siber pada anak dan remaja.

Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), mengungkapkan bahwa di tahun 2019 terdapat 653 kasus kejahatan siber yang melibatkan anak dan remaja.

Laporan yang serupa juga dikeluarkan oleh UNICEF, di mana risiko penggunaan internet oleh remaja tanpa pengawasan termasuk juga pornografi, pelecehan seksual, radikalisme, dan perundungan siber.

“Ketika remaja menghabiskan lebih banyak waktu online untuk belajar dan berhubungan dengan teman-teman mereka, maka penting bagi orang tua membantu anak-anak remaja menavigasi peluang dan risiko yang mereka hadapi,” kata Debora Comini (Perwakilan UNICEF Indonesia). 

Kondisi inilah yang kemudian mendorong aplikator video pendek TikTok, untuk membangun keamanan bagi penggunanya.

"Hari ini, kami memperkuat komitmen kami dengan memperkenalkan fitur Family Pairing, dan menerapkan batasan baru untuk fitur Pesan Langsung,” kata Donny Eryastha (Head of Public Policy of TikTok Indonesia, Malaysia, and the Philippines) melalui informasi tertulis kepada InfoKomputer, Jumat (17/4). 

Fitur Family Pairing terbaru ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia dan UNICEF Indonesia.

Fitur ini akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan di Indonesia dan memungkinkan orang tua dan anak remajanya untuk mengostumisasi pengaturan keamanan mereka berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Adapun pengaturan yang dapat diterapkan, antara lain:

Manajemen Waktu Layar: Mengatur berapa lama anak remaja dapat menghabiskan waktu di TikTok setiap harinya.

● Mode Terbatas: Membatasi tampilan konten yang mungkin tidak pantas untuk semua audiens. Bahkan tanpa mengaktifkan fitur Family Pairing, orang tua dapat membantu anak remajanya mengatur Manajemen Waktu Layar dan Mode Terbatas dengan mengunjungi menu Kesejahteraan Digital di aplikasi kapan saja.

● Pesan Langsung: Membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun yang terhubung, atau mematikan Pesan Langsung seluruhnya.

Mulai tanggal 30 April, TikTok akan meningkatkan perlindungan tersebut untuk anggota komunitas yang lebih muda, dan secara otomatis menonaktifkan fitur Pesan Langsung untuk akun pengguna yang berusia di bawah 16 tahun.

“Kami yakin berbagai pilihan fitur yang ada ini akan memberikan rasa yang lebih aman dan terpercaya bagi pengguna TikTok di segala usia,” tutup Donny.