Find Us On Social Media :

Laptop Masih Jadi Primadona di Pasar PC

By Adam Rizal, Minggu, 29 April 2018 | 16:30 WIB

Ilustrasi desktop vs laptop

Pasar komputer PC terus tumbuh di Indonesia seiring tingginya permintaan smartphone. Perusahaan riset IDC mengungkapkan para pengguna lebih memilih dan membeli laptop 

daripada komputer desktop di Indonesia pada tahun lalu

"Notebook masih tetap mendominasi (dari desktop) pada tahun lalu. Market share notebook sendiri berkisar antara 70 sampai 75 persen setiap kuartal," kata Stallone Hangewa (Analis IDC Indonesia) dalam siaran persnya, Minggu,

Tahun lalu, pasar laptop di Indonesia menggerus pasar desktop. Dari 30 persen pangsa pasar dekstop di kuartal 1 2017 menjadi hanya 25,7 persen di kuartal 4 2017.

"Jika dilihat dari trennya, ke depannya pun porsi dari notebook dan desktop masih tetap akan berkisar di persentase yang masih mirip," ujarnya.

"Sampai saat ini, consumer PC masih tetap mendominasi dari total shipment selama tahun 2017," lanjut Stallone.

Dari kuartal ke kuartal, porsi pengapalan laptop untuk konsumen di Indonesia terus meningkat ketimbang laptop komersial. Pasar laptop komersial tergerus dari 27,3 persen di kuartal 1 2017 menjadi hanya 25,9 persen di kuartal 4 2017.

"Jika dibandingkan dengan market share antara notebook dan desktop, market share untuk PC untuk consumer dan commercial bisa dibilang masih relatif sama," ucapnya.