Find Us On Social Media :

Silicon Power Luncurkan Dua Media Simpan untuk Peruntukkan Berbeda

By Cakrawala, Jumat, 17 April 2020 | 22:30 WIB

Dua media simpan Silicon Power terbaru.

 

Silicon Power baru saja meluncurkan dua produk terbarunya. Keduanya adalah media simpan yang memiliki peruntukan berbeda. Yang pertama adalah SSD eksternal yang ditujukan untuk menyimpan data ketika bepergian, sedangkan yang kedua adalah HDD eksternal yang ditujukan untuk menyimpan gim. SSD yang diluncurkan memiliki nama PC60, sedangkan HDD memiliki nama A62 game drive. Silicon Power PC60 diklaim sebagai SSD portabel tertipis yang pernah ditawarkan Silicon Power sehingga mudah dibawa-bawa. Adapun Silicon Power A62 game drive memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga bisa menampung aneka gim.

Silicon Power PC60 memiliki dimensi sebesar 8 x 8 x 1,12 cm dan bobot sampai 46 gr. Menggunakan 3D NAND flash memory, kemungkinan yang TLC (triple level cell), Silicon Power PC60 memiliki kapasitas sampai 1,92 TB, tepatnya 240 GB, 480 GB, 960 GB, dan 1,92 TB. Antarmukanya sendiri menggunakan USB 3.2 Gen 2 Type-C yang secara teoritis mendukung kecepatan transfer sampai 10 Gbps.

Kecepatan transfer dari Silicon Power PC60 sendiri adalah sampai 540 MBps untuk baca dan sampai 500 MBps untuk tulis. Biasanya SSD dengan kapasitas lebih besar menawarkan kecepatan yang lebih baik. Selain kecepatan transfer yang umumnya lebih baik dari HDD, SSD juga biasanya lebih tahan terhadap guncangan. Silicon Power PC60 pun menggunakan struktur yang diklaim mampu melindunginya tatkala terjatuh. Selain itu, melalui peranti lunak SP Widget, Silicon Power PC60 juga mendukung enkripsi untuk keamanan data.

Sementara, Silicon Power A62 game drive hadir dengan pilihan kapasitas 2 TB dan 1 TB. Silicon Power mengklaim A62 game drive mendukung PlayStation 4, PlayStation 4 Pro, dan Xbox One. Dengan kapasitas 2 TB, Silicon Power meyakini A62 game drive bisa menyimpan sekitar 50 gim tanpa mengambil ruang pada media simpan internal video game console. Adapun antarmuka yang digunakan adalah USB 3.2 Gen 1 Standard A yang secara teoritis mendukung kecepatan transfer sampai 5 Gbps. Namun, Silicon Power tidak menyebutkan kecepatan transfer dari HDD eksternal berdimensi 13,17 x 8,65 x 1,49 cm dan berbobot sampai 282 gr ini.

Berhubung HDD, Silicon Power A62 game drive dilengkapi pula dengan pelindung yang membuatnya tahan terhadap guncangan dan air. Silicon Power A62 game drive diklaim tidak akan rusak ketika terjatuh dari jarak 122 cm maupun bila terkena cipratan air. HDD portabel tersebut merupakan perangkat IPX4. Silicon Power A62 game drive pun mendukung peranti lunak SP Widget.

Belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan kedua perangkat ini di Indonesia, begitu pula dengan harganya.