Find Us On Social Media :

Mau Investasi Bitcoin, Ini Peringatan dari Triliuner Warren Buffett

By Adam Rizal, Senin, 30 April 2018 | 16:00 WIB

WASHINGTON, DC - OCTOBER 13: Warren Buffett speaks onstage during Fortune's Most Powerful Women Sum

Mata uang digital cryptocurrency Bitcoin menjadi instrumen investasi yang menarik beberapa tahun terakhir, mengingat nilainya yang terus merangkak naik. Hal itu membuat beberapa orang mulai berinvetasi Bitcoin walaupun Bitcoin tidak memiliki regulasi resmi yang jelas dari pemerintah.

Salah satu orang terkaya dunia dan investor ternama Warren Buffett mengajak masyarakat untuk menanamkan modalnya di instrumen investasi yang terbukti menguntungkan seperti properti dan tanah.

"Jika kamu membeli sebuah pertanian, apartemen atau sebuah bisnis, kamu dapat melakukan secara pribadi. Ini adalah investasi yang sangat memuaskan karena dapat memberimu keuntungan," katanya jelang pertemuan pemegang saham Berkshire Hathaway 2018 seperti dikutip Yahoo Finance.

Sebaliknya, Buffett menolak Bitcoin sebagai instrumen investasi karena menawarkan banyak resiko dan spekulasi.

"Jika kamu ingin berjudi, maka kamu tidak salah membeli Bitcoin. Ini adalah salah satu jenis permainan dan bukan investasi," kata pria yang menjadi orang terkaya ke-3 di dunia tersebut.

Meskipun demikian, investasi Bitcoin terus menuai pro dan kontra di masyarakat. Tobias Adrian (Financial Counsellor and Director for the Monetary and Capital Markets Department IMF) mengatakan suka tidak suka masyarakat mulai tertarik berinvestasi mata uang digital yang mulai mewarnai sistem keuangan di seluruh dunia.

"Pemerintah dan pembuat kebijakan di berbagai negara harus mulai menyusun kebijakan yang jelas terkait cryptocurrency untuk mengurangi potensi permasalahan yang akan timbul di masa depan," ucapnya.

Tips Aman

Kaspersky Lab memberikan tips aman untuk berinvestasi mata uang virtual dari aksi serangan penjahat siber:

 1. Jangan menyimpan semua mata uang virtual di bank online atau layanan bursa mata uang virtual karena tidak ada jaminan apakah pengguna akan mendapatkan kembali uang mereka setelah dirampok.

 2. Gunakan layanan offline bitcoin wallet seperti Electrum atau Armory yang memungkinkan kamu menyimpan mata uang virtual dalam brankas terenkripsi dengan kuat pada hard drive milik sendiri.

 3. Jangan lupa gunakan password yang kuat dan menyimpan offline wallet ini di hard drive terpisah atau komputer yang tidak terhubung ke Internet.