Find Us On Social Media :

Kacamata Pintar Dapat Deteksi Corona Berkat Artificial Intelligence

By Adam Rizal, Senin, 20 April 2020 | 13:30 WIB

Kacamata Pintar Rokid dapat mendeteksi temperatur seseorang dari jarak jauh

Startup kecerdasan buatan (AI) asal China, Rokid, menciptakan kacamata dengan sensor inframerah yang dilaporkan dapat mendeteksi suhu tubuh, yang menjadi salah satu indikasi seseorang terinfeksi virus corona (COVID-19).

Seperti dilaporkan Phone Arena, kacamata pintar ini dapat mendeteksi suhu hingga 200 orang dari jarak sekitar 3 meter.  Kacamata tersebut dapat dikontrol dengan perintah suara, dan juga dapat mengambil foto dan merekam video.

Untuk mengecek suhu tubuh, kacamata Rokid ini menggunakan sensor infra merah. Kacamata pintar ini menggunakan kamera 12 megapixel yang ditenagai prosesor Qualcomm. 

Rokid sendiri adalah startup asal China yang didirikan oleh Eric Wong dan Mingming Zhu pada tahun 2014. Pada tahun 2018, Rokid mendapatkan pendanaan Seri B untuk mengembangkan bisnisnya. Awalnya, Rokid fokus mengembangkan teknologi AI dan AR untuk industri manufaktur dan gaming. Namun seiring wabah Covid-19, Rokid mengembangkan kacamata pintar ini.

Menurut juru bicara Rokid, penggunaan kacamata pintar untuk mengecek suhu tubuh lebih baik dibanding pendekatan saat ini. "Saat menggunakan thermal gun, Anda harus menyasar kening orang dari jarak dekat. Artinya, Anda harus berdiri dekat dan tidak mempraktekkan social distancing yang aman," ungkap Liang Guan (Direktor Rokid untuk AS).  

Sementara dengan kacamata pintar ini, proses pemeriksaan suhu tubuh bisa dari jarak jauh (2,7 meter) dan bisa memindai 200 orang sekaligus. Rokid berencana untuk menawarkan perangkat tersebut ke perusahaan-perusahaan di AS, rumah sakit, serta petugas keamanan. 

Namun tentu saja, mengetahui suhu tubuh hanya bagian kecil dari pencegahan wabah Covid-19. Seperti kita ketahui, seseorang yang terinfeksi virus Corona tidak langsung mengalami gejala infeksi, seperti demam atau batuk. Karena itu, fungsi kacamata pintar ini lebih sebagai pencegahan awal penularan virus Corona.