Find Us On Social Media :

Samsung Akan Hadirkan Aplikasi Tekanan Darah pada Galaxy Watch Active2

By Cakrawala, Selasa, 21 April 2020 | 22:32 WIB

Dengan aplikasi Samsung Health Monitor, Samsung Galaxy Watch Active2 akan bisa memonitor tekanan darah.

Samsung hari ini mengumumkan bahwa aplikasi untuk memonitor tekanan darah yang dikembangkannya telah mendapatkan izin dari South Korea’s Ministry of Food and Drug Safety. Nantinya, aplikasi bernama Samsung Health Monitor ini akan hadir pada Galaxy Watch Active2 sehingga memungkinkan gadget tersebut untuk memonitor tekanan darah penggunanya memanfaatkan sensor detak jantung alias heart rate.

"Aplikasi Samsung Health Monitor memiliki potensi untuk membantu jutaan orang di seluruh dunia yang terkena tekanan darah tinggi," ujar Taejong Jay Yang (Corporate SVP and Head of Health Team, Mobile Communications Business, Samsung Electronics)."Ini adalah satu dari banyak contoh bagaimana Samsung mengintegrasikan peranti kerasnya yang terbaik di kelasnya dengan inovasi peranti lunak terkini untuk menginovasi pengalaman mobile," tegas Taejong Jay Yang lebih lanjut.

Seperti sudah cukup jamak diketahui bahwa tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko pengidapnya untuk beroleh penyakit tertentu. Samsung antara lain mengemukakan penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Samsung pun meyakini aplikasinya tersebut bisa membantu para pengidap darah tinggi untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi tekanan darahnya secara mudah dan sering sehingga bisa mengambil keputusan yang lebih tepat.

Buat yang tidak mengidap tekanan darah tinggi, informasi yang diberikan oleh Samsung Galaxy Watch Active2 dengan Samsung Health Monitor tentu juga bermanfaat; bisa membantu untuk mengetahui apakah ada perubahan kondisi sehubungan tekanan darah yang perlu diperiksa lebih lanjut. Misalnya, apabila tekanan darah yang selama ini normal mengalami peningkatan beberapa waktu belakangan.

Agar Samsung Galaxy Watch Active2 dengan Samsung Health Monitor bisa memonitor tekanan darah sang pengguna, pertama-tama perlu dilakukan kalibrasi dengan memanfaatkan alat pengukur tekanan darah atau tensimeter konvensional. Samsung menyebutkan kalibrasi memanfaatkan alat pengukur tekanan darah konvensional tersebut pun sebaiknya dilakukan setidaknya setiap empat minggu sekali. Yang terakhir ini adalah untuk memastikan tingkat akurasinya tetap terjaga.

Samsung Galaxy Watch Active2 dengan Samsung Health Monitor sendiri mengukur tekanan darah pengguna melalui pulse wave analysis. Pulse wave ini diperoleh menggunakan sensor detak jantung yang memang tersedia pada Samsung Galaxy Watch Active2. Dengan kata lain, Samsung Galaxy Watch Active2 dengan Samsung Health Monitor akan memperkirakan tekanan darah sang pengguna berdasarkan analisis gelombangnya.

Aplikasi Samsung Health Monitor akan tersedia untuk Samsung Galaxy Watch Active2 pada kuartal ketiga tahun ini. Samsung Health Monitor pun akan tersedia untuk perangkat-perangkat Samsung Galaxy Watch yang akan datang.