Tanpa terasa, bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Pemerintah pun sudah mengumumkan larangan mudik bagi warganya karena pandemi COVID-19 yang makin meningkat. Beruntung kita hidup di era teknologi, sehingga tetap bisa bersosialisasi dengan sesama meski lewat dunia maya.
Berdasarkan hasil survey online yang dikeluarkan oleh Facebook baru-baru ini, 83% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan mengatakan bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Sementara 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadan.
Berangkat dari hal tersebut, Facebook telah menyiapkan berbagai aktivitas dan program selama bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa aktivitas #RamadandiFacebook:
1. Kampanye “Jaga Jarak, tetap Semarak” Beberapa aktivitas yang akan dilakukan melalui kampanye ini di antaranya Virtual Bazaar untuk para UMKM, Belajar Digital Marketing di Rumah, serta Kreasi di Rumah melalui kerjasama dengan beberapa mitra. "Kami akan memberikan informasi seputar COVID-19 dengan cara yang kreatif agar mudah dipahami oleh publik," jelas Facebook melalui pesan tertulis kepada InfoKomputer.
2. Bantuan bagi Pemilik Bisnis Menyadari dampak pandemi COVID-19 yang demikian hebat, khususnya bagi pelaku UMKM. Facebook pun mengalokasikan 100 juta dollar AS untuk membantu 30.000 UMKM di seluruh dunia. "Kami akan memulainya di lebih dari 30 negara dimana kami beroperasi, termasuk Indonesia," jelas Facebook.
3. Program #RamadanBareng bersama kreator dan stasiun televisi Berbagai program #Ramadanbareng yang sedang disiapkan Facebook antara lain acara musik, acara memasak, siraman rohani dan masih banyak lagi.
4. Facebook Gaming Para gamers dan game creators kini dapat memanfaatkan fitur terbaru “Tournament”, yang memungkinkan mereka mengundang komunitas gamers untuk bertanding.
Selama melakukan streaming, para creators mengajak para penggemarnya untuk melakukan donasi melalui Kitabisa.com untuk kemudian disalurkan kepada para tenaga medis yang tengah berjuang merawat para pasien COVID-19. Donasi akan dibuka hingga 30 April mendatang.
5. Nas Daily: Stories of Ramadan Facebook bekerja sama dengan content creator Nas Daily untuk memproduksi sebuah serial ‘Stories of Ramadan’ sebanyak 8 episode, yang membawa para penonton untuk melihat ragam aspek dalam momen Ramadan, mulai dari ibadah puasa hingga donasi sukarela.
6. Instagram Instagram akan menghadirkan kembali program pelatihan bisnis, Akademi Instagram. Kali ini, Akademi Instagram akan diadakan secara virtual bertajuk Akademi Instagram #dirumahaja.
Kurikulum Akademi Instagram #dirumahaja juga disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis di tengah perubahan yang dibawa oleh COVID-19. Dalam program ini, Instagram kembali bekerja sama dengan mitra kreatif Kreavi.
"Kami terus berupaya untuk menyediakan kesempatan yang sama bagi para UKM dan mendukung mereka untuk melewati masa-masa sulit ini. Dengan demikian, para UKM di Indonesia bisa terus bertumbuh dan menjaga kelangsungan bisnis mereka," jelas Facebook.