Find Us On Social Media :

Dapat Pendanaan US$800 Juta, Northstar V Siap Modali Berbagai Startup

By Rafki Fachrizal, Kamis, 23 April 2020 | 12:03 WIB

Ilustrasi Startup

Perusahaan private equity, Northstar Group, mengumumkan perampungan tahap pertama pendanaan untuk Northstar Equity Partner V Limited (Northstar V).

Northstar V ini merupakan kelanjutan dari strategi Northstar Group untuk berinvestasi di berbagai perusahaan/startup pada tahap pertumbuhan dan beberapa investasi terpilih di perusahaan/startup pada tahap early stage.

Tahap pertama dari pendanaan ini merepresentasikan sekitar sepertiga dari total target Northstar V yaitu sebesar US$800 juta, serupa dengan dua flagship funds Northstar Group sebelumnya (Northstar III di 2011 sebesar US$820 juta dan Northstar IV di 2014 sebesar US$810 juta).

Investasi tersebut nantinya akan fokus terhadap perusahaan/startup yang berada di wilayah Indonesia dan negara lainnya di Asia Tenggara.

Sedangkan sektor yang disasar termasuk sektor konsumsi, keuangan, ekonomi digital dan pemulihan dari pandemi COVID-19.

Patrick Walujo, Co-Founder & Managing Partner Northstar Group mengatakan bahwa Pasar Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya menawarkan peluang investasi jangka menengah dan panjang yang menarik dengan didukung oleh kelanjutan pertumbuhan yang pesat.

"Pertumbuhan ini akan dipacu oleh faktor demografis yang menguntungkan, peningkatan konsumsi dan standar ekonomi masyarakat, serta kemajuan edukasi dan digitalisasi," ujar Patrick.

Ia juga menjelaskan, "Keberhasilan pendanaan flagship fund kelima kami di tengah ketidakpastian kondisi saat ini membuktikan kemampuan Northstar Group dalam mengembangkan perusahaan-perusahaan dalam portofolionya serta penciptaan nilai tambah bagi investor kami.”

Sementara itu, Glenn Sugita, Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group menjelaskan, “Dalam situasi yang penuh ketidakpastian ini, kami ingin menjadi penyedia permodalan dan mitra pilihan bagi pemilik bisnis dalam mengelola tantangan serta memaksimalkan kesempatan di masa depan. Kami akan terus menghadirkan tidak hanya kapital untuk perusahaan portofolio kami, melainkan juga keahlian dan pengalaman yang kami dapatkan di berbagai sektor dan siklus bisnis.”

Sekadar informasi, dengan perampungan tahap pertama pendanaan Northstar V ini, Northstar Group kini memiliki lebih dari US$2 miliar dana kelolaan.