Find Us On Social Media :

Facebook Hadirkan Messenger Kids di Indonesia Sejalan Wabah COVID-19

By Cakrawala, Kamis, 23 April 2020 | 19:00 WIB

Facebook hadirkan Messenger Kids di Indonesia.

Facebook hari ini menghadirkan Messenger Kids di Indonesia. Seperti namanya, Messenger Kids ditujukan untuk anak-anak, tetapi dengan pengawasan dan pengontrolan orang tua. Kehadiran Messenger Kids di Indonesia dipengaruhi oleh wabah COVID-19 yang sedang melanda tanah air. Berkat wabah yang disebabkan virus corona baru bernama SARS-CoV-2 itu; pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Aplikasi perpesanan dan video call tersebut diyakini Facebook bisa membantu anak-anak untuk terhubung dengan teman-teman dan keluarganya secara menyenangkan.

"Messenger Kids memberikan tempat bagi anak-anak untuk dapat terhubung dengan teman dan keluarga dekat dalam pengawasan orang tua. Orang tua mempercayai kami untuk melindungi data anak-anak mereka, dan kami menganggap serius tanggung jawab itu. Saat membangun Messenger Kids, kami bekerjasama dengan orang tua, organisasi di bidang anak dan orang tua, advokat keamanan dan privasi anak, dan pakar perkembangan anak di seluruh dunia untuk memahami apa yang dibutuhkan orang tua dan anak-anak dalam aplikasi perpesanan. Kami menggabungkan berbagai masukan tersebut ke dalam perlindungan privasi yang kuat untuk pengumpulan dan penggunaan data, memastikan orang tua dapat mengawasi aktivitas anak mereka di aplikasi," jelas Erin Egan (Chief Privacy Officer, Policy, Facebook).

Lalu opsi apa yang tersedia untuk orang tua pada Messenger Kids yang memudahkannya dalam mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan aplikasi ini? Menurut Facebook, pertama-tama tentu saja adalah sang orang tua yang menyiapkan akun anaknya. Selanjutnya, orang tua bisa mengelola kontak dan meninjau aktivitas anaknya itu.

Adapun peninjauan aktivitas yang dimaksud bisa dilakukan orang tua melalui Parent Dashboard pada aplikasi Facebook. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan orang tua melalui Parent Dashboard pada aplikasi Facebook adalah sebagai berikut:

Sementara, untuk anak-anak, seperti telah disebutkan, Messenger Kids menawarkan berbagai fitur yang menyenangkan. Beberapa fitur yang ditawarkan Messenger Kids adalah seperti berikut:

Jika Anda ingin menggunakan Messenger Kids untuk anak Anda, aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan App Store. Anda bisa menginstalnya dari sana saat ini juga.