Find Us On Social Media :

Cegah Corona, Biznet Tutup Sementara Layanan 1.300 Hotspot Publik

By Adam Rizal, Kamis, 23 April 2020 | 17:30 WIB

Vice President Marketing Biznet Yudie Haryanto

Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, Biznet menutup sementara layanan hotspot internetnya di ruang publik. Hal ini untuk berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Vice President Marketing Biznet Yudie Haryanto menerangkan, alasannya menutup sementara layanan tersebut di karenakan banyaknya orang yang berkerumun. Padahal, pemerintah sendiri membuat kebijakan physical distancing untuk meminimalisir adanya penyebaran virus.

“Dari total hotspot di 2.000 titik, ada 1.300 yang kita shutdown dan ada juga beberapa daerah yang menyurati kita untuk dimatikan dulu,” tuturnya dalam telekonferensi pers, Rabu (22/4).

Titik lokasi yang dimatikan tersebut telah mengikuti ketentuan daripada pemerintah, yakni di tempat-tempat keramaian, seperti alun-alun. “Wifi corner itu kita matikan dulu karena itu sangat bertentangan dengan pemerintah lokal,” tambahnya.

Meskipun begitu, masih ada beberapa peritel yang tetap memakai pelayanan internet. Namun, untuk hotel, dikarenakan sudah banyak yang menutup operasionalnya, penggunaan internet pun menurun drastis, padahal hotel salah satu penyumbang terbesar.

“Ada juga beberapa yang bergerak di bidang airlines, itu kita berikan relaksasi kepada mereka, kita berharap relaksasi ini mendapatkan perhatian dari pemerintah, ini kita memberikan subsidi bagi industri yang terkena impact,” tutupnya.

Yudie pun memastikan hingga saat ini belum ada karyawan Biznet yang positif corona.

Upgrade Gratis

Sementara, saat kondisi masyarakat yang masih bekerja atau belajar dari rumah seperti sekarang, terjadi peningkatan kebutuhan koneksi internet yang cepat dan berkualitas.

Untuk itu, Biznet resmi meningkatkan kapasitas bandwidth untuk layanan Biznet Home sejak 16 Maret lalu. Namun, berdasarkan kondisi yang terus berubah setiap hari dan komitmen untuk mendukung kegiatan work from home dan online learning masyarakat, Biznet memperpanjang upgrade layanan Biznet Home secara gratis itu sampai 31 Mei.

Selain itu, bagi pelanggan layanan Biznet IPTV, Biznet juga memberikan akses open all channels secara gratis yang diharapkan dapat menghadirkan hiburan TV berkualitas selama beraktivitas di rumah.

"Dengan pemberian perpanjangan upgrade bandwidth gratis bagi pelanggan Biznet Home dan akses open all channels secara gratis bagi pelanggan Biznet IPTV, kami berharap pelanggan yang melakukan aktivitas work from home dan online learning di rumah dapat tetap produktif, dapat bekerja dan belajar dengan lancar, serta dapat tetap terhibur dengan tayangan hiburan TV lokal dan internasional berkualitas. Tentu dengan didukungkoneksi internet terbaik dari Biznet," ujar Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet, dalam keterangan persnya.

Untuk peningkatan bandwidth layanan Biznet Home secara gratis, Biznet memberikan peningkatan kapasitas bandwidth bagi layanan Biznet Home 1B dan Biznet Home 2B. Misalnya dari paket 75 Mbps ditingkat menjadi 100 Mbps atau dari 150 Mbps naik jadi 200 Mbps.