Find Us On Social Media :

Jack Ma Rilis Tiga Panduan untuk Rumah Sakit Hadapi Pandemi COVID-19

By Indah PM, Sabtu, 25 April 2020 | 15:00 WIB

Tiga panduan untuk rumah sakit menangani pandemi COVID-19.

Di masa pandemi COVID-19 ini, sangat penting bagi para pemangku kepentingan dan tenaga medis (khususnya yang telah memiliki pengalaman langsung menangani situasi terkait COVID-19), untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka ke tenaga medis dan administrator rumah sakit di seluruh dunia.

Melalui platform Global MediXchange for Combating COVID-19 (GMCC), Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation telah merilis tiga buku panduan baru yang fokus pada studi kasus penanganan dan pengembangan Rumah Sakit Karantina, Rumah Sakit Darurat, dan Rumah Sakit Umum untuk Pandemi COVID-19.

GMCC sendiri merupakan platform online yang ditujukan untuk memerangi COVID-19, melalui berbagi pengetahuan medis, pengalaman langsung, dan praktik-praktik terbaik untuk menangani COVID-19.

Pengalaman di Tiongkok menunjukkan peran penting Rumah Sakit Karantina dan Rumah Sakit Darurat, dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi, serta meringankan beban sistem kesehatan dan masalah kekurangan kapasitas rumah sakit rujukan.

Berikut ini beberapa intisari yang dapat diperoleh dari masing-masing buku panduan yang dapat Anda unduh pada link yang kami sertakan di atas.

1. Panduan Pembangunan dan Pengoperasian Rumah Sakit Karantina COVID-19.

Panduan membangun, merekonstruksi dan mentransformasi fasilitas umum biasa, seperti tempat pameran dan stadium indoor untuk menjadi Rumah Sakit Karantina yang memiliki kapasitas mendiagnosis, menangani, dan menyembuhkan pasien dengan gejala ringan dan sedang. 

2. Panduan Pembangunan dan Pengoperasian Rumah Sakit Darurat COVID-19.

Panduan merenovasi dan mentransformasi rumah sakit yang tidak memiliki kapasitas memadai untuk menangani pasien yang terinfeksi penyakit menular, menjadi rumah sakit yang fokus pada menerima pasien yang diduga maupun didiagnosis positif COVID-19. 

Disusun berdasarkan pengalaman dan keberhasilan tim Zall Foundation merekonstruksi fasilitas kesehatan profesional nonrujukan menjadi rumah sakit khusus COVID-19, dalam 2 sampai 5 hari pengerjaan dengan mengikuti standar medis yang tinggi. 

Hanya dalam waktu 10 hari, 7 Rumah Sakit Darurat COVID-19 dengan total 4.583 bangsal berhasil dibangun, yang menjadi tempat 2.833 pasien suspek dan positif COVID-19 berhasil disembuhkan. 

3. Panduan Strategi Respons Rumah Sakit Besar dalam Pandemi Covid-19.

Panduan ini memuat cara-cara inovatif dan efisien pengelolaan rumah sakit di delapan bidang: SDM, manajemen ruangan, hospital sense, prosedur medis, keamanan peralatan medis, pusat informasi, metode pengelolaan gugus tugas pencegahan, dan pengendalian pandemi di dalam rumah sakit; serta instruksi detail pengalaman praktis antipandemi di Wuhan. 

Ketiga panduan tersebut saat ini sudah tersedia dalam bahasa Inggris dan Mandarin yang dapat diunduh secara gratis di Global MediXchange for Combating COVID-19 (GMCC) yang dikembangkan Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation.