Find Us On Social Media :

ESET Berikan Empat Tips Aman dari Penipuan Siber Selama Pandemi

By Indah PM, Senin, 27 April 2020 | 09:00 WIB

Hasil survei ESET mengungkapkan bahwa 58% konsumen di Asia Pasifik pernah kebobolan data dalam 12 bulan terakhir.

Mengamankan diri dari wabah penyakit, khususnya saat pandemi COVID-19 seperti saat ini sangatlah penting. Namun jangan lupa juga untuk mengamankan diri dari epidemi penipuan yang eskalasinya meningkat pesat di internet.

Berikut beberapa tips dari vendor sekuriti ESET agar terlindung dari bahaya tersebut:

1. Jangan mengklik tautan apa pun atau mengunduh berks apa pun yang dikirimkan kepada Anda melalui e-mail, terutama dari sumber yang tidak dapat diverifikasi secara independen atau dari seseorang yang tidak dikenal.

2. Jika e-mail tersebut berasal dari organisasi resmi, lakukan pengecekan dengan mengunjungi situs web resmi mereka atau hubungi mereka melalui saluran resmi untuk memverifikasi kebenaran e-mail tersebut.

3. Carilah penawaran yang mencurigakan dan jangan pernah memesan apa pun dari vendor yang tidak terverifikasi. Jika penawaran atau diskon terlihat too good to be true, biasanya itu adalah penipuan. Selalu waspada dan temukan, serta evaluasi ulasan tentang vendor.

4. Jangan pernah meremehkan solusi keamanan perangkat lunak yang berpengalaman yang dapat membantu Anda tetap aman dari upaya phishing, serta jenis ancaman siber lainnya.