Find Us On Social Media :

Berkat COVID-19, Jumlah Like Facebook Pemimpin Dunia Bertambah Pesat

By Cakrawala, Senin, 27 April 2020 | 18:00 WIB

Pada bulan Maret 2020 lalu, jumlah like pada halaman Facebook para pemimpun dunia bertambah dengan pesat. Perdana Menteri India Narendra Modi tetap menjadi yang memiliki paling banyak like.

Menurut World Leaders on Facebook yang baru saja diterbikan oleh Burson Cohn & Wolfe, pada bulan Maret 2020 lalu, jumlah like pada halaman Facebook para pemimpun dunia bertambah dengan pesat. Penyebabnya diyakini adalah wabah COVID-19. Pasalnya, makin banyak masyarakat dunia yang mencari penutan dan panduan selama wabah yang disebabkan virus corona baru bernama SARS-CoV-2 itu.

“Peningkatan yang signifikan terhadap jumlah pengikut para pemimpin dunia di Facebook adalah hasil yang sangat logis dan dimotori oleh dua hal utama, masyarakat mencari jawaban yang pasti dari isu virus Corona ini dan kebijakan negara mereka dalam menangani pandemi, dan juga fakta bahwa banyak studi menunjukkan waktu yang dihabiskan di platform online meningkat hingga 36% dan 20% di antaranya adalah di Facebook,”  sebut Chad Latz (Chief Innovation Officer, Burson Cohn & Wolfe).

Menurut hasil studi Burson Cohn & Wolfe yang dikenal juga dengan BCW ini, dari 721 halaman para pemimpin dunia yang dianalisis, terdapat peningkatan jumlah like sebesar 3,7% pada bulan Maret 2020 lalu dibandingkan sebelumnya. Besarnya peningkatan tersebut hampir setengah dari peningkatan yang terjadi dalam 12 bulan terakhir. Dengan kata lain, pada bulan Maret terdapat peningkatan jumlah like yang hampir setara dengan peningkatan selama enam bulan. Adapun banyaknya penambahan jumlah like yang dimaksud adalah sekitar 13 juta.

Halaman yang mendapatkan tambahan like tertinggi adalah halaman Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, Pemerintah Austria, Pemerintah Estonia, dan Pemerintah Italia. Halaman-halaman tersebut mengalami peningkatan jumlah like sebesar dua kali lipat dalam sebulan.

Sementara, untuk pemimpin dunia yang mendapatkan paling banyak like secara total adalah Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Ratu Rania dari Yordania. Perdana Menteri India Narendra Modi mendapatkan lebih dari 44,7 juta like pada halaman pribadinya dan 13,7 juta like pada halaman resmi perdana menteri; Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapatkan lebih dari 26 juta like; dan Ratu Rania dari Yordania mendapatkan sekitar 16,8 juta like. Adapun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo termasuk dalam sepuluh besar pemimpin dunia yang mendapatkan like paling banyak dengan lebih dari 9 juta like.

Pada studi tahun keempat yang merupakan bagian dari serial Twiplomacy ini, untuk pertama kalinya hadir fitur true reach alias jangkauan sebenarnya. True reach ini adalah perkiraan akan jumlah paparan yang sebenarnya diperoleh setiap post. Berdasarkan true reach, komposisi tiga besar pemimpin dunia di Facebook pun mengalami perubahan. Ketiga besar pemipin dunia berdasarkan true reach tersebut adalah Perdana Menteri India Narendra Modi dengan sekitar 1,7 juta entitas; Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebkitar 956 ribu entitas; dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebanyak 877 ribu entitas.

Secara keseluruhan, 721 halaman Facebook dari kepala negara dan pemerintah serta menteri luar negeri itu memiliki 362 juta like, menerbitkan 435.256 post dalam 12 bulan terakhir, serta meraih 1,383 miliar interaksi (comment, like, dan share). Namun, angka-angka tersebut adalah sampai 1 Maret 2020.