Find Us On Social Media :

Tiga Startup yang Terpilih di Program Surge 03 Berasal dari Indonesia

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 April 2020 | 12:00 WIB

Surge 03 (2020)

Program percepatan untuk​ startup di Asia Tenggara dan India, Surge​, mengumumkan ​15 ​early-stage startup (startup tahap awal) yang terpilih untuk Surge 03 (2020)​.

Lebih dari setengah startup yang terpilih pada program ini berasal dari Asia Tenggara, dan sepertiga dari​ ke-15 startup itu juga memiliki setidaknya satu orang pendiri perempuan. 

Startup-startup tersebut di antaranya ​Bukukas​, ​Hangry dan ​CoLearn dari Indonesia, ​Thuocsi​ dari Vietnam, dan ​Pencil​, ​Pentester Academy​, ​Tigerhall​ dan ​Tinvio​ dari Singapura.

Untuk diketahui, Surge merupakan program yang menyediakan modal sebesar US$ 1-2 juta untuk setiap startup yang terpilih di program ini.

Selain itu, setiap startup juga akan mendapatkan workshop company-building dan dukungan dari komunitas mentor dan founder startup yang sudah terlebih dahulu sukses seperti Gojek, ONE Championship dan Tokopedia. 

Memasuki gelaran ketiganya, program Surge 03 telah dimulai sejak 13 April lalu. Yang menariknya, program ini untuk pertama kalinya harus berlangsung secara daring sepenuhnya lantaran adanya pandemi COVID-19.

Sesi sehari penuh diadakan seminggu sekali selama 16 minggu, berisi​ workshop daring company-building, diskusi kelompok kecil, dan sesi​ diskusi interaktif dengan para mentor Surge seperti William Tanuwijaya, Founder dan CEO Tokopedia; Doug Leone, Global Managing Partner Sequoia Capital serta para ​founder dan investor dari Vietnam, Indonesia, India dan Amerika Serikat.

​Rajan Anandan, Managing Director Surge & Sequoia Capital India​, mengatakan “Program Surge 03 tidak berbeda dari sebelumnya. Kami percaya bahwa sangat penting untuk mendukung para ​founder yang bukan hanya pada saat mereka berhasil, namun juga di saat-saat sulit. Dan kami bangga dapat bermitra dengan kelompok ​startup kali ini dengan para ​founder ambisius, yang membangun perusahaan mereka di masa yang paling sulit pada era ini.”  

Rajan juga menjelaskan bahwa program Surge telah didesain secara ​‘open architecture’ dan mengajak investor lain untuk bergabung dalam putaran Surge yang pertama pada awal program.

“80% dari ​startup Surge 03 mendapatkan pendanaan dari​ institutional co-investor, dan hampir 50% dari​startup Surge 03 juga memiliki​ angel investor. Secara keseluruhan, Surge 03 telah menghasilkan lebih dari US$39 juta di putaran pendanaan program Surge mereka,” tutur Rajan.