Find Us On Social Media :

Tokopedia Hadirkan Tiga Inovasi Baru untuk Para Seller dan Buyer

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 April 2020 | 19:37 WIB

Peluncuran tiga inovasi baru Tokopedia pada hari ini (27/04) via video conference.

Startup e-commerce berstatus Unicorn, Tokopedia, meluncurkan inovasi barunya yakni berupa satu aplikasi dan dua fitur baru. Aplikasi tersebut yakni Tokopedia Seller, sedangkan fiturnya yakni Tokopedia Play dan Beli Langsung.

Dalam video conference yang digelar hari ini (27/4), Priscilla Anais selaku AVP of Product Tokopedia, mengatakan, “Di tengah pandemi ini, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini, kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung.”

Lebih lanjut, berikut sedikit pemaparan mengenai tiga inovasi baru dari Tokopedia tersebut. Pertama, aplikasi Tokopedia Seller. Ini merupakan aplikasi khusus penjual yang dapat meningkatkan produktivitas mereka.

“Kita ingin mereka berjualan itu seperti semudah mengelola sosial media. Tiga fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu dashboard (memantau aktivitas dan info terbaru dalam 1 layar), navigasi (mengakses fitur penting dengan mudah), quick reply chat (membalas pesan pelanggan dengan cepat tanpa buka aplikasi),” terang Nadhira Ayuningtyas, Head of Product Seller Platform Tokopedia.

Oh ya, di dashboard juga terdapat informasi mengenai weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Selain itu, pada bagian homepage toko, penjual bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli.

“Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi, ucap Nadhira.

Sekadar informasi, Tokopedia saat ini sudah memiliki lebih dari 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis mereka lewat aplikasi.

Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

Selanjutnya, inovasi yang kedua yaitu fitur Tokopedia Play. Dengan fitur ini, pembeli di aplikasi Tokopedia bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang terintegrasi secara lebih mulus.

“Inovasi di Tokopedia Play ini membuat pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten, juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming,” tutur Cynthia Limin, Head of Product Tokopedia Play.

Inovasi yang ketiga adalah fitur Beli Langsung. Fitur ini mempermudah dan mempercepat pembeli ketika proses berbelanja.

“Dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. Metode pembayaran dan pengiriman di sisi lain dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli,” terang Deo Nathaniel, Head of Product Purchase Platform Tokopedia.

Sejak 20 Maret 2020, fitur Beli Langsung ini sendiri sudah mulai diuji coba oleh beberapa pengguna dan nantinya akan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Tokopedia.

"Pastikan untuk selalu meng-update aplikasi Tokopedia untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru," ujar Priscilla.