Find Us On Social Media :

DANA Hadirkan 'Home Shopping' untuk Mudahkan Pengguna Berbelanja

By Cakrawala, Rabu, 29 April 2020 | 19:30 WIB

DANA hadirkan 'Home Shopping' untuk mudahkan pengguna berbelanja serta bantu industri makanan dan minuman.

DANA yang selama ini dikenal sebagai dompet digital, kini menambah layanannya dengan menghadirkan layanan "Home Shopping". Layanan tersebut membolehkan pengguna DANA untuk berbelanja secara digital, termasuk untuk memesan dan membeli makanan dan minuman berbuka puasa dari rumah makan pilihan di tanah air. Selain memudahkan pengguna, DANA menyebutkan pula bahwa layanan barunya itu diharapkan bisa membantu industri makanan dan minuman di kala wabah COVID-19 ini; industri yang dinilai paling terdampak secara negatif.

“Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan drastis pada kehidupan dan aktivitas ekonomi masyarakat. Salah satu industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah industri makanan dan minuman yang mengalami penurunan pendapatan sangat signifikan hampir di seluruh lokasi di Indonesia. Mereka yang terdampak adalah masyarakat sebagai konsumen, serta para pelaku usaha mulai dari skala mikro hingga pengusaha ritel berskala besar,” jelas Vincent Iswara (CEO dan salah satu pendiri DANA).

Berkat wabah COVID-19, Pemerintah Indonesia telah mengimbau agar masyarakat Indonesia bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Sebagian wilayah di Indonesia pun sudah melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Hal tersebut telah memengaruhi perekonomian secara negatif, termasuk industri makanan dan minuman. Dengan Home Shopping, DANA berharap kemudahan yang dihadirkannya bisa membantu pengguna untuk berbelanja yang pada akhirnya juga membantu menambah penjualan pedagang, termasuk pedangan makanan dan pedagang minuman.

“Melalui layanan ini, mitra-mitra merchant DANA tetap dapat melayani konsumen dan menerima pesanan yang dilakukan melalui aplikasi dompet digital DANA. Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS (QR Code Indonesia Standard yang diterbitkan oleh DANA). Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen,” papar Vincent Iswara lebih lanjut.

Adapun pedagang termasuk rumah makan yang produknya bisa dibeli melalui DANA Home Shopping antara lain adalah Martha Tilaar Shop, Apotek Senopati, Bengawan Solo Coffee, Burgreens, Le Viet, Dailybox, Genki Sushi, Momoiro, Bariuma Ramen, Steak 21, Roti O, Hong Tang, Kibo Cheese Cake, Kyochon, Krispy Kreme, Mister Donut, dan Gokana. Ke depannya, DANA pun berencana akan terus menambah daftar mitra yang hadir layanan tersebut.