Find Us On Social Media :

MediaTek Dimensity 1000 Akan Dukung Video YouTube yang Gunakan AV1

By Cakrawala, Rabu, 29 April 2020 | 20:30 WIB

MediaTek akan mengaktifkan dukungan terhadap stream video YouTube dengan AV1 pada Dimensity 1000.

MediaTek telah mengumumkan Dimensity 1000 beberapa waktu lalu. Salah satu fitur dari SoC MediaTek tersebut adalah terdapatnya dukungan terhadap AV1 secara peranti keras. Kini, MediaTek mengumumkan bahwa ia akan mengaktifkan dukungan terhadap stream video YouTube yang menggunakan AV1 pada Dimensity 1000. Dengan menggunakan peranti keras decoder video AV1 milik Dimensity 1000, pengguna bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih panjang ketika menoton video yang dimaksud.

“MediaTek secara konsisten terus menambah kemampuan solusi-solusinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan teknologi AV1 merupakan contoh yang sempurna. Video sekarang merupakan bentuk Komunikasi yang paling banyak digunakan, dengan 70% generasi milenial dan Gen Z dilaporkan menggunakan berbagai layanan streaming,” ujar Dr. Yenchi Lee (Assisten General Manager, Wireless Business Unit, MediaTek). “Industri melaporkan bahwa pasar streaming video akan berkembang dengan CAGR 19,6% dan menyentuh US$124,57 miliar pada tahun 2025, dan merupakan salah satu pendorong utama layanan-layanan 5G. MediaTek berada di depan dalam upaya mengaktifkan streaming video efektif dengan AV1,” tambah Dr. Yenchi Lee.

AV1 sendiri adalah codec video terkini yang merupakan penerus dari VP9. Keduanya didukung oleh YouTube. Dibandingkan VP9, AV1 diklaim lebih efisien sekitar 30% dari VP9. Dengan kata lain, ukuran AV1 akan lebih kecil dari VP9 untuk kualitas video yang setara. Menariknya lagi, tidak seperti H.265 yang juga menawarkan efisiensi tinggi, AV1 merupakan codec video yang royalty-free.

“AV1 telah menjadi sebuah format yang semakin penting untuk memungkinkan pemutaran resolusi tinggi di perangkat genggam, dan kami bangga bahwa MediaTek telah mengimplementasikan perangkat keras AV1 khusus untuk mendorong adopsi format ini, seperti yang ada di SoC 5G Dimensity 1000,” kata Matt Frost (Director, Product Management, Google Chrome). “Seiring dengan semakin populernya streaming video di mobile, contoh penggunaan baru seperti milik MediaTek semakin mempertegas pekerjaan penting dalam mengembangkan berbagai codec generasi berikut,” sebut Matt Frost lagi.

Selain mendukung AV1 secara peranti keras, MediaTek Dimensity 1000 juga telah mengitegrasikan modem 5G. Dengan dukungan terhadap jaringan seluler 5G dan AV1, sewajarnya ponsel pintar yang memanfaatkan MediaTek Dimensity 1000 siap untuk menghadirkan video yang berkualitas makin tinggi di masa depan secara streaming tanpa masalah.