Find Us On Social Media :

Strategi Realme Kuasai Pasar Internet of Things di Indonesia

By Adam Rizal, Jumat, 1 Mei 2020 | 13:27 WIB

Realme Buds Air

Awal tahun ini, Realme mengungkapkan strateginya memasuki pasar internet of things (IoT) di Indonesia. Hal ini ditandai dengan merilis Realme Buds Airm sebuah true wireless stereo (TWS) sekaligus IoT pertamanya yang masuk Indonesia. Kini, Realme merilis produk IoT keduanya, yaitu smartband bernama Realme Band.

"Realme Band melengkapi strategi kami untuk pasar IoT di 2020. Secara bertahap kami memasukkan produk-produk IoT kami," kata Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi.

Disebutkan Palson, Realme tak sekadar meluncurkan produk. Mereka ingin ekosistem IoT yang mereka bentuk dapat berjalan mulus sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas hidup para penggunanya.

"Kami tidak ingin hanya meluncurkan produk, tapi semua produk ini akan terkoneksi dengan smartphone, dengan smart speaker, dan produk IoT kami lainnya. Ini sudah ada dalam rencana kami," jelas Palson.

Realme berambisi menjadi brand pilihan anak-anak muda untuk kategori IoT, melengkapi reputasi serupa di kategori smartphone yang sudah mereka dapatkan. Untuk itu, ada dua strategi yang akan dilakukan.  

"Yang pertama, akhir tahun ini kami targetkan menjadi brand favorit anak-anak muda. Yang kedua, kami ingin menjadi brand IoT dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Ini adalah tujuan besar kami," sebut Palson.

Mengenai target pasarnya ini, Realme sangat percaya diri produknya akan diterima dengan baik anak-anak muda Indonesia. Kepercayaan diri ini berkaca dari bisnis smartphone Realme.

"Ada banyak anak muda di Indonesia. Menurut data IDC, Realme menjadi brand pilihan favorit anak-anak muda di sini. Konsumen kami berada di rentang 16-25 tahun. Kami yakin produk seperti Realme Band akan diterima dengan baik," ujarnya.

Selain karena anak-anak muda senang mencoba produk dan teknologi baru, Realme juga beralasan strateginya meluncurkan Realme Band sangat tepat waktu karena berbarengan dengan momen Ramadhan, dan ketika banyak orang berada di rumah karena menjaga jarak selama pandemi.

"Ramadhan ini waktunya orang banyak berdiam di rumah, ditambah situasi pandemi. Namun ada kebutuhan bahwa mereka harus selalu sehat dan fit. Mereka harus tetap bergerak dan dengan Realme Band mereka bisa memonitor kesehatan," katanya.

Palson menambahkan, sejauh ini dia belum bisa menyebutkan akan ada berapa produk IoT yang akan diluncurkan Realme.

Namun yang pasti, Realme sudah menyiapkan sejumlah produk baru, terutama untuk kategori baru yang akan melengkapi strategi IoT-nya.