Find Us On Social Media :

QNAP Luncurkan Tiga NAS Seri TS-x31K untuk Penggunaan di Rumah

By Cakrawala, Senin, 4 Mei 2020 | 14:00 WIB

QNAP meluncurkan NAS Seri TS-x31K-nya di dunia. Salah satunya adalah QNAP TS-431K yang memiliki 4 bay.

QNAP beberapa hari lalu meluncurkan NAS Seri TS-x31K-nya di dunia. NAS tersebut ditujukan untuk penggunaan di rumah dan bisa pula dijadikan sarana cloud pribadi. QNAP mengklaim NAS Seri TS-x31K-nya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti kemudahan manajemen, kemudahan backup, dukungan terhadap multimedia atau media server, dan kemudahan akses melalui internet.

"Seri TS-x31K quad core menyederhanakan pengaplikasian penyimpanan dan multimedia di rumah, membolehkan para pengguna untuk menikmati kemudahan dan kenikmatan dari suatu cloud pribadi. Para pengguna bisa dengan mudah mengakses, mengatur, membagikan berbagai berkas menggunakan suatu antarmuka pengguna yang intuitif, sambil juga secara mudah mengakses aneka berkas dari jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi mobile khusus," ujar Jason Hsu (Product Manager, QNAP).

Terdapat tiga varian TS-x31K yang diluncurkan oleh QNAP, yakni TS-131K, TS-231K, dan TS-431K. QNAP TS-131K hadir dengan 1 bay, QNAP TS-231K dengan 2 bay, dan QNAP TS-431K dengan 4 bay. Media simpan yang didukung adalah HDD dan SDD dengan form factor 3,5 inci dan 2,5 inci.

Namun, meski memiliki jumlah bay yang berbeda, ketiga varian TS-x31K tersebut memiliki spesifikasi lain yang mirip. Ketiganya menggunakan CPU quad core dalam rupa Annapurna Labs AL-214, memori utama 1 GB, 1 porta Ethernet gigabit untuk QNAP TS-131K dan 2 porta Ethernet gigabit untuk yang lainnya, serta 3 porta USB 3.2 Gen 1. Selain itu, QNAP TS-231K dan QNAP TS-431K juga mendukung RAID, meski tentunya QNAP TS-431K mendukung lebih banyak jenis RAID.

Sementara, untuk peranti lunaknya, QNAP seri TS-x31K antara lain dilengkapi File Station, HBS (Hybrid Backup Sync), mendukung Plex Media Server, dan myQNAPcloud service. Terdapat pula App Center yang berisikan aneka aplikasi yang bisa pengguna tambahkan ke QNAP seri TS-x31K sesuai keinginan.

File Station adalah file explorer yang akan memudahkan pengguna untuk antara lain melihat, mengatur, dan mengenkripsi berbagai berkas pada QNAP seri TS-x31K. HBS merupakan perkakas yang memudahkan backup tidak hanya ke QNAP seri TS-x31K melainkan juga ke tempat penyimpanan lain seperti cloud. Plex Media Server adalah multimedia management application yang bisa menjadikan QNAP seri TS-x31K sebagai multimedia atau media server. myQNAPcloud service sendiri seperti namanya adalah servis yang memungkinkan QNAP seri TS-x31K untuk diakses melalui internet memanfaatkan peramban maupun aplikasi mobile alias menjadikannya sebagai cloud pribadi.

QNAP menyebutkan ketiga NAS barunya itu sudah mulai tersedia di dunia. Namun, belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan harganya di Indonesia.